BANNER KPU
HONDA

Trik Menggoreng Singkong agar Gurih, Merekah, Tanpa Direbus Dulu dan Tidak Banyak Menyerap Minyak

Trik Menggoreng Singkong agar Gurih, Merekah, Tanpa Direbus Dulu dan Tidak Banyak Menyerap Minyak

Tanpa direbus dulu dan tidak banyak menyerap minyak, ini trik menggoreng singkong agar gurih, merekah.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Singkong dikenal juga dengan nama ubi kayu atau ketela pohon. Umbi- umbian satu ini punya vitamin C yang tinggi, aneka mineral dan protein yang baik untuk tubuh.

Singkong memiliki rasa yang enak serta cocok diolah menjadi hidangan manis dan gurih. Contohnya ada lemet, kue talam, combro, getuk lindri sampai singkong goreng.

Salah satu menu cemilan dari singkong yang digemari banyak orang adalah singkong goreng. Singkong goreng banyak digemari karena gampang dibuat serta memiliki punya rasa yang enak.

Rasa gurih bertekstur krispi dari singkong goreng bisa bikin sulit untuk berhenti ngunyah.  Agar singkong dapat merekah dan renyah, kebanyakan orang merebus singkong terlebih dahulu sebelum digoreng.

BACA JUGA:Inovasi Terbaru dalam Menanam Singkong, Tiap Pohon Bisa Menghasilkan Umbi yang Fantastis

Berikut resep singkong goreng tanpa direbus sama sekali tapi tetap gurih, merekah bahkan tidak menyerap minyak.

Pertama-tama, kupas singkong, cuci bersih lalu potong- potong singkong dengan ukuran sesuai selera. Kemudian rendam singkong di air dengan suhu ruang selama 2 jam.

Proses perendaman sebelum dimasak bertujuan untuk membuka serat singkong hingga lebih mudah empuk . Sembari singkong direndam, dinginkan air dengan diberi larutan garam secukupnya, penyedap rasa dan bawang putih halus.

Setelah singkong direndam selama 2 jam, tiriskan singkong dan goreng di minyak panas menggunakan api sedang.

BACA JUGA:30 Ribu Hektare Lahan Singkong Masih Dikaji, Optimalkan Diversifikasi Pangan Lokal

Goreng singkong sampai agak kecokelatan, lalu angkat, tiriskan dan masukkan ke dalam air larutan bumbu yang sudah didinginkan di kulkas. Mendam singkong kedalam air es selama kurang lebih 2 menit.

Tujuannya agar membuat tekstur  singkong lebih pulen karena serat singkong terbuka, luar singkong rebus menjadi mengeras tapi dibagian dalamnya masih empuk.

Setelah di rendam di air larutan bumbu, angkat dan goreng  Kembali singkong di minyak panas hingga matang dan merekah. Pastikan gunakan api dengan cukup besar agar tidak menyerap banyak minyak.

Itulah tips singkong goreng tanpa direbus tapi tetap empuk, gurih dan merekah. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: