HONDA

Agama Islam Disempurnakan, Hari Mustajab Berdoa, Jumat Adam Dimasukkan ke Surga

Agama Islam Disempurnakan, Hari Mustajab Berdoa, Jumat Adam Dimasukkan ke Surga

Agama Islam Disempurnakan, Hari Mustajab Berdoa, Jumat Adam Dimasukkan ke Surga --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Hari Jumat dalam agama Islam merupakan hari yang dimuliakan. Dalam satu riwayat Rasulullah SAW mengatakan "Sebaik-baiknya hari, yang pada hari itu matahari terbit ialah hari Jum'at.

Karena Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Pada hari Jumat pula Nabi Adam dimasukkan ke dalam Surga. Tidak akan terjadi hari kiamat selain Jumat."

BACA JUGA:Menggunakan Huruf Hanggul Korea, Uniknya Suku Cia-Cia di Pedalaman Indonesia, Bahasa Wolio Terlupakan

Kebaikan hari Jumat lainnya, doa yang dipanjatkan pada hari itu akan mustajab alias makbul. Seperti yang telah disabdakan Rasulullah, SAW "Sesungguhnya hari Jumat terdapat waktu yang mustajab.

Bila seorang muslim melaksanakan sholat dan memohon kepada Allah SWT pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya." 

BACA JUGA:Suami Wajib Ajarkan Agama, Termasuk Nafkah Lahir dan Batin, Istri Adalah Tanggung Jawab Suami

Banyak yang menyatakan bahwa hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. Pengampunan dosa banyak terjadi pada hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa mandi dan bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambut, mengoleskan parfum dan berangkat ke masjid di hari Jumat, serta masuk masjid tanpa melangkahi dua orang lalu diam di masjid mendengarkan kutbah Jumat dan sholat sesuai tuntunan, niscaya akan dampuni dosanya diantara dua Jumat."

BACA JUGA:3 Perang Paling Konyol dalam Sejarah Dunia, Ada yang Penyebabnya karena Mabuk

Ada banyak keutamaan hari Jumat berdasarkan Alquran dan hadist. Salah satunya yang juga digalakkan oleh pengurus masjid, sekolah dan perkantoran adalah sedekah.

Jumat merupakan hari terbaik untuk melakukan sedekah, meski pada hari lain tentu tetap boleh bersedekah. Rasulullah, SAW mengatakan bersedekah pada hari Jumat pahalanya akan dilipatgandakan. 

BACA JUGA:7 Manfaat Luar Biasa Air Jahe dan Lemon, Termasuk Turunkan Berat Badan dan Perut Buncit

Keutamaan lainnya, salah satu surat dalam Alquran ada yang benama Surat Al Jumu'ah. Bukan hanya disebutkan saja, tetapi Allah mengkhususkan perintah untuk melaksanakan sholat Jumat.

Allah minta umatnya untuk meninggalkan aktivitas lain pada jam khusus pelaksanaan sholat Jumat. Bahkan pada hari itu, tidak ada sholat dzuhur bagi kaum laki-laki. Karena sudah diganti dengan sholat Jumat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: