Lewat Seminar Handling Complaint, Pemkot Bengkulu Dorong Respons Cepat dan Akurat di Rumah Sakit
Lewat Seminar Handling Complaint, Pemkot Bengkulu Dorong Respons Cepat dan Akurat di Rumah Sakit--Riko/rakyatbengkulu.com
BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Upaya Pemerintah Kota Bengkulu dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kembali diperkuat melalui penyelenggaraan Seminar Strategi Efektif Handling Complaint, bekerja sama dengan Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Wilayah Bengkulu.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Santika Bengkulu pada Sabtu, 6 Desember 2025.
Asisten II Pemerintah Kota Bengkulu, Sehmi, hadir mewakili Pemkot sekaligus menegaskan pentingnya perubahan pola pikir dalam memandang keluhan masyarakat.
Menurutnya, keluhan pasien bukan sekadar hambatan, tetapi indikator penting yang menunjukkan area layanan kesehatan yang perlu diperbaiki.
BACA JUGA:Dini Hari Mencekam di V Koto Mukomuko, Kebakaran Hanguskan Rumah Petani
“Complain itu sering dianggap ancaman, tantangan, atau hambatan. Padahal, complain adalah warning system sinyal yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang kurang ideal atau belum maksimal dalam layanan,” ujar Sehmi.
Ia menambahkan bahwa setiap keluhan memiliki tingkat urgensi berbeda, sehingga kemampuan manajemen rumah sakit dalam membaca dan merespons sinyal tersebut sangat menentukan arah perbaikan layanan.
“Ada keluhan yang sifatnya ringan, ada yang sedang, ada pula yang berat. Seperti dokter membaca gejala ada kasus yang cukup tindakan ringan, ada yang perlu operasi sedang, dan ada yang harus ditangani lebih serius. Keluhan itu pintu masuk perbaikan, bukan sesuatu yang harus dihindari,” jelasnya.
Lebih lanjut, Sehmi menegaskan perlunya meninggalkan paradigma lama yang memandang komplain sebagai ancaman.
BACA JUGA:Polda Bengkulu Tanam Jagung Kuartal IV, Dorong Ketahanan Pangan Lewat Pemanfaatan Lahan Kosong
BACA JUGA:Asal Usul Nama Jembatan Air Cugung Patil Terungkap, Ketua Adat Beberkan Kisah Puluhan Tahun Silam
Rumah sakit yang mampu memberikan respons cepat, tepat, dan akurat dinilai akan memperoleh tingkat kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi.
“Sekarang ini semua berlomba-lomba memberikan pelayanan yang responsif dan akurat. Dari respon yang baik akan tumbuh kepercayaan, dari kepercayaan itulah muncul rumah sakit favorit, dokter favorit, dan layanan terbaik,” ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


