Daya Tampung SMA/SMK Bertambah

Jumat 19-06-2020,10:35 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Daya tampung SMA/SMK di Provinsi Bengkulu, bertambah. Dari awalnya sebanyak 36.880 siswa menjadi 37.252 siswa atau bertambah sekitar 372 siswa. Baru-baru ini ada sekolah kembali revisi daya tampung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu.

“Daya tampung SMA/SMK bertambah, dari sebelumnya 36 ribu lebih siswa menjadi 37 ribu lebih. Perubahan kuota daya tampung sekolah karena ada sekolah yang melakukan revisi,” kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, M.Pd melalui Kabid Pembinaan SMA Zahirman Aidi, M.TPd yang juga Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Provinsi Bengkulu.

Zahirman menerangkan, penambahan daya tampung untuk SMA berasal dari daya tampung di Kabupaten Rejang Lebong, dari sebelumnya sebanyak 2.686 siswa naik 2.958 siswa . Sedangkan untuk SMK ada penambahan daya tampung dari SMK di Kota Bengkulu sebanyak 66 siswa , Bengkulu Utara ada tambahan 36 siswa,  dan dari Mukomuko ada tambahan 32 siswa. Sedangkan SMK di Kabupaten Seluma mengurangi daya tampung sebanyak.

“Ada yang menambah dan yang mengurangi setelah sekolah melakukan evaluasi kembali,” jelas Zahirman.

Lanjutnya, kuota daya tampung SMA menjadi sebanyak 22.326 karena ada penambahan di Rejang Lebong. Sementara daya tampung SMK menjadi 14.926 karena ada penambahan di Kota Bengkulu sebanyak 66 siswa, Bengkulu Utara, mukomuko, dan untuk Seluma berkurang 34 siswa.

“Kuota daya tampung SMA/SMK ini lebih dari cukup untuk menampung lulusan SMP di Provinsi Bengkulu. Tidak akan ada siswa tidak bisa sekolah karena daya tampung sekolah kurang,” tegas Zahirman.

Zahirman menerangkan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PDB) dimulai dari PPDB di SMK dan SMA khusus jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua/wali. Yaitu, serentak mulai 22 Juni-27 Juni, ada perubahan dari jadwal sebelumnya. Sementara jadwal PPDB SMA jalur zonasi dimulai pada 28 Juni-6 Juli.

Ada 2 jalur penerimaan, yaitu secara online siswa mendaftar melalui alamat website http://ppdb-sma.provbengkulu.com dan http://ppdb-smk.provbengkulu.com dan jalur offline siswa mendaftar langsung ke sekolah.

“Pengumuman jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan tanggal 1 Juli. Untuk SMK diumumkan tanggal 2 Juli, dan jalur zonasi tanggal 8 Juli. Sedangkan daftar ulang SMK 6-11 Juli, dan SMA 9-11 Juli,” demikian Zahirman. (key)

Tags :
Kategori :

Terkait