Waspada Gelombang Tinggi

Jumat 26-06-2020,13:13 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Soekarno memberi peringatan dini terkait gelombang tinggi di Samudra Hindia Pulau Sumatera Provinsi Bengkulu dan Pulau Enggano. Sesuai citra satelit memasuki Minggu (28/6) besok, gelombang laut diperkirakan akan mencapai 2,5 sampai dengan 3,5 meter.

Forcaster BMKG Fatmawati Bengkulu Winda Ayu Kusumawati mengatakan sesuai pengamatan pihaknya, angin diperkirakan rata-rata bertiup dari arah barat laut dengan kecepatan 2 sampai dengan 15 knot per jam. Sesuai rumus 1 knot itu perbandingannya sama dengan 1,852 KM. “Pengaruh angin yang cukup kencang ini memicu tinggi gelombang mencapai 3,5 meter di peraiaran Bengkulu,” jelasnya kepada Rakyat Bengkulu.

Berdasarkan panduan resmi kategori gelombang diangka 3,5 meter sudah dikelompokkan ke dalam gelombang tinggi, sehingga dibutuhkan kewaspadaan lebih bagi para nelayan termasuk kapal-kapal yang melintas agar terhindar dari kemungkinan bahaya ditengah laut. “Bahkan bisa saja tinggi gelombang maksimum mencapai 2 kali lipat dari tinggi gelombang yang diprediksi,” ungkapnya.

Selain gelombang tinggi kata Winda memasuki Sabtu (27/6) sebagian wilayah Bengkulu diprediksi bakal mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Beberapa wilayah yang diperkirakan bakal mengalaminya adalah  Mukomuko, Bengkulu  Utara, lebong, Rejang lebong,Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma dan Bengkulu  Selatan. Pola hujan yang diprediksi turun sejak sore hingga malam hari dengan tambahan adanya petir dan angin kencang berdurasi singkat. (iks)

Tags :
Kategori :

Terkait