Petani Diminta Terus Tingkatkan Produksi Padi

Selasa 30-06-2020,13:19 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H Mian kembali membagikan bantuan pada masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Senin (29/6) bupati membagikan kartu tani, pakan ikan hingga JKN KIS pada masyarakat Kecamatan Arma Jaya di Kelurahan Kemumu Arma Jaya.

Arma Jaya merupakan salah satu lumbung padi BU, Pemkab BU mendapat kuota 20 ribu petani pemegang kartu tani dari Kementerian Pertanian. Pemberian kartu tani ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk mengetahui jumlah lahan maupun hasil produksi termasuk untuk penyaluran bantuan.

Mereka yang mendapat kartu tani tersebut, memang sudah tercantum sebagai petani padi yang menjadi prioritas untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Sehingga nantinya pemerintah mengantongi data petani padi termasuk di BU.

“Kita mendapatkan jumlah kuota yang cukup besar, 20 ribu. Saya tentu berharap semua petani terus meningkatkan produksinya. Saya pastikan, bantuan yang selama ini diberikan apda petani harus kita lanjutkan,” kata bupati.

Selain itu bupati juga membagikan JKN KIS untuk 400 lebih keluarga yang berada di Kecamatan Arma Jaya. Bupati juga minta masyarakat untuk terus membudayakan hidup sehat dan bersih. Apalagi ditengah pandemi Covid-19.

“JKN KIS ini sebagai bentuk perhatian pemerintah bagi masyarakat. Selain APBN, kita juga menganggarkan dalam APBD untuk pemberian KIS gratis pada masyarakat,” jelasnya.

Selain KIS dan Kartu tani, diakuinya kondisi ekonomi masyarakat pembudidaya ikan kolam melemah. Apalagi disaat ikan tidak bisa dibawah keluar Provinsi Bengkulu karena ada pembatasan sosial yang dilakukan.

“Sehingga kita juga menyalurkan bantuan pakan ikan pada petani kolam, karena memang jumlah pembudidaya ikan kolam kita besar. Minimal, meskipun tidak mencukupi kebutuhan, ini sebagai bantuan yang kita berikan untuk meringakan beban ekonomi,” pungkas Mian.(qia)

Tags :
Kategori :

Terkait