Bersepeda Membentuk Jalur Fatmawati Bersama Bendera Merah Putih, Riyanto Raih Juara Harapan Artcycling Tingkat

Minggu 23-08-2020,19:44 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Luar biasa apa yang dilakukan, Riyanto Efendi. Pria kelahiran Kabupaten Kepahiang 15 Februari 1994 ini berhasil menemukan jalur jalan yang ada di Kota Bengkulu yang bentuknya Ibu Fatmawati Soekarno bersama bendera merah putih yang dijahitnya. Temuan tersebut dilakukan Riyan, sapaan akrabnya, saat mengikuti perlombaan Artcycling tingkat nasional.

"Perlombaan ini merupakan perlombaan bersepeda dengan kombinasi teknologi dan juga seni (gambar). Untuk perlombaan ya dilakukan di kota masing-masing peserta di seluruh Indonesia dari Propinsi Aceh-Papua dengan menggunakan handphone berbasis Android," jelas Riyan kepada Rakyat Bengkulu (RB) Online, Minggu (23/8).

Jebolan strata dua (S2) Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tersebut menambahkan, penilaian perlombaan dinilai dari jarak, rute, dan juga kreativitas peserta dalam membuat karya seni desain atau jalur yang dilalui saat bersepeda. Dikatakan, perlombaan ini menggunakan aplikasi khusus Android yang juga bernama Artcycling yang bisa didownload di playstore.

Perlombaan Artcycling ini dilaksanakan pada 16 Agustus 2020 dan pengumuman pemenang pada 22 Agustus 2020. Jumlah keseluruhan peserta dalam perlombaan pada tahun ini yaitu kurang lebih 500 peserta yang tersebar dari Provinsi Aceh-Papua.

"Pada saat hari perlombaan saya yang mewakili peserta dari Provinsi Bengkulu mendapat ide membuat jalur Ibu Fatmawati Soekarno bersama Bendera Merah Putih," jelas tutor/dosen di Universitas Terbuka Bengkulu ini sembari menambahkan jika dirinya berasal dari Komunitas Sepeda Lipat Owner Bencoolen (Selowbe) atau Selibengkulu.

Lebih lanjut Riyan membeberkan, start dimulai dari simpang lampu merah Skip dan finish di depan pom bensin BLK Sawah Lebar. Jarak tempuh yang dilalui yaitu 23.03 KM dengan waktu 80.20 menit. "Pada saat selesai perlombaan dan pengumuman pemenang saya merasa senang dan bangga walaupun menjadi juara harapan 1. Tetapi saya berbangga bisa mewakili Provinsi Bengkulu dan menemukan jalur desain ibu Fatmawati Soekarno bersama Bendera Merah Putih di Kota Bengkulu untuk melengkapi landmark ibu Fatmawati di Bengkulu seperti Tugu Fatmawati, Rumah Fatmawati, serta Bandara Fatmawati," beber pria yang tinggal di Jalan Timur Indah V RT 22 RW 02 No 48 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu ini.

Riyan mengungkapkan, kecintaanya pada Bengkulu mendorongnya membuat ide hingga akhirnya membentuk jalur menyerupai Fatmawati bersama bendera merah putih yang dijahitnya. "Demi Bengkulu, bahwa ibu Fatmawati Soekarno dan bendera merah putih juga ada tercantum di desain jalan Kota Bengkulu," pungkasnya. (zie)

Tags :
Kategori :

Terkait