Absensi Via Android, Terkendala Verifikasi

Senin 05-10-2020,14:32 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENTENG – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) menerapkan absensi berbasis aplikasi android untuk ASN terkendala. Diskominfotik masih menunggu verifikasi Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAP) dari Google.

 Kepala Diskominfoik, Budiman Efdy melalui Kabid Aplikasi Informatika Diskominfotik, Lily Kartika Sari menjelaskan, kalau saat ini semua persiapan sudah semua baik itu data ASN dan sebagainya. Namun memang saat ini terkendala dengan verifikasi dari Google mengenai aplikasi tersebut.

“Karena aplikasi SIAP ini akan di download di Google Playstore, maka dari itu kita mendaftarkan aplikasi tersebut dan saat ini aplikasinya sudah kita daftarkan di Google. Saat ini kita Tinggal tunggu hasil verifikasi dari Google tersebut baru bisa diapload di Google Playstore. Jadi sampai dengan saat ini aplikasi nya belum bisa muncul karena masih nunggu hasil verifikasi tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kalau untuk data dan nomor semua ASN yang ada di Pemkab Benteng sudah selesai dan siap semua. Kalau target pihaknya hari ini aplikasi tersebut sudah siap dilaunching dan digunakan sebagai absensi ASN tersebut. namun dengan ada kendala ini, maka pihaknya masih akan menunggu hingga verifikasi sudah dilakukan oleh Google.

“Kalau untuk absensi melalui aplikasi android ini, nantinya bisa dilakukan oleh para ASN dengan cara mendownload aplikasi SIAP tersebut. Aplikasi android absensi ini salah satu cara untuk memudahkan para ASN apabila ingin melakukan absensi. Selain itu absensi dengan menggunakan aplikasi yang berdasarkan dari handphone masing-masing ini bisa mengurangi penyebaran Covid-19, karena menggunakan absensi sidik jari,” terangnya.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi adanya ASN yang selalu melakukan absensi di rumah atau di luar kantor. Maka pihaknya akan menentukan titik koordinat yang dilambangkan dengan warna. Apabila warna hijau berarti ASN tersebut absen tepat waktu dan titik koordinatnya dilakukan di kantor, kemudian bagi ASN yang datang terlambat dan titik koordinatnya di kantor maka warna merah.

“Apabila ASN absensi di luar wilayah kantor, maka lampunya akan berwarna orange. Selain itu absensi melalui aplikasi android ini bisa memudahkan absen bagi ASN yang melaksanakan Surat Perintah Tugas (SPT) ke dinas provinsi, sehingga yang bersangkutan tidak perlu melakukan absen ke Benteng dulu dan bisa langsung melakukan tugasnya, namun hal ini harus dibuktikan dengan bukti laporan,” tutup Lily. (jee)

Tags :
Kategori :

Terkait