Program Pandawa Kurangi Jumlah Kunjungan Pelayanan

Jumat 23-10-2020,07:10 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

CURUP – Sejak dua bulan belakangan, BPJS Kesehatan Cabang Curup jumlah kunjungan pelayanan mulai menurun. Dimana setiap harinya sebelum kondisi pandemi Covid-19 tidak kurang dari 50 orang mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan setiap harinya. Namun saat ini tidak lebih dari 20 orang saja yang melakukan kunjungan pelayanan. Dijelaskan Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup Welly Trisna Aprinada kepada RB kemarin, kondisi ini tidak lain karena adanya beberapa program yang diluncurkan BPJS kesehatan. Terutama untuk memberikan kemudahan dan bagi peserta maupun masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Diungkapkan Welly, program terbaru BPJS Kesehatan yaitu Pandawa atau Pelayanan Admanistrasi Melalui WatsApp. Program Pandawa ini sudah berjalan sejak dua bulan belakangan. Ini sebagai upaya mengurangi pelayanan secara tatap muka khususnya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup. ‘’Program terbaru kita ini untuk upaya pembatasan pelayanan saat pandemi Covid-19 di kantor cabang,’’ sampai Welly. Untuk pelayanan yang masih di lakukan di Kantor Cabang secara tatap muka, hanya diberikan untuk tiga segmen peserta saja. Yaitu peserta penerima bantuan iuran, peserta mandiri kelas tiga dan peserta bukan pekerja (BP). Sedangkan untuk segmen peserta lain dialihakan sementara melalui kanal-kanal yang sudah ada sebelumnya. Seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Call Center 1500 400 dan terbaru adalah Pandawa. Sesuai judulnya, sambung Welly, program Pandawa tersebut melayani kegiatan administrasi melalui aplikasi WhatsApp. Ada 10 jenis pelayanan atau transaksi  yang bisa dimanfaatkan peserta BPJS Kesehatan. Mulai dari pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data identitas dan perubahan data golongan. Kemudian, lanjut Welly, pelayanan perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas, klinik atau praktek dokter perorangan, kemudian penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu yang non aktif. Dengan kemudahan ini, peserta BPJS Kesehatan hanya cukup menghubungi nomor whatsapp Pandawa sesuai tempat tinggalnya untuk mendapatkan pelayanan. Ditambahkan Welly, untuk wilayah kerja Kantor Cabaang Curup sendiri masing-masing Kabupaten Rejang Lebong (RL), Kepahiang, Lebong dan Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Masyarakat dan peserta di wilayah empat kabupaten tersebut bisa menghubungi nomor WA 0852673779215 yang dibuka dari Senin sampaiJumat serta sesuai jam kantor dari jam 08.00 WIB hingga jam 15.00. ‘’Tinggal WA dan akan dilayani oleh operator kita. Namun jika peserta atau masyarakat ingin bertanya atau mengirim pengaduan akan otomatis dialihkan ke kanal lain, karena judulnya Pandawa ini pelayanan administrasi. Jadi memang saat ini jumlah kunjungan di Kantor Cabang kita sudah menurun. Karena sudah banyak peserta yang beralih ke program Pandawa. Karena semuanya sudah online, termasuk soal fisik, seperti KTP, KK maupun surat menyurat lainnya. Tinggal difoto dan kirim melalui WhatsApp tadi,’’ demikian Welly.(dtk)

Tags :
Kategori :

Terkait