Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19, Walikota Bengkulu Minta Masyarakat Jangan Takut Divaksin

Jumat 15-01-2021,12:10 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus warga Kota Bengkulu untuk ikut serta berperan menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang digagas oleh pemerintah pusat. Meskipun vaksinasi bertujuan untuk membentuk sistem kekebalan dan imun tubuh dengan menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus penyebab Covid-19, banyak pertanyaan serta ketakutan yang muncul dari masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut terhadap vaksin Covid-19 (Sinovac) tersebut, lantaran vaksin Covid-19 sudah teruji dan telah memiliki label halal.

"Ada ketakutan dan kekhawatiran di tengah masyarakat soal kehalalan vaksin bagi umat muslim. Ada juga ketakutan apakah kemudian vaksin ini akan ada dampaknya? Ketakutan itu sudah terbantahkan semua, ketika bicara kehalalan kita harus percaya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena itu sudah dinyatakan halal," ungkap Walikota, Jumat (15/1).

Terkait kemanfaatan dan dampak vaksin sendiri itu, lanjutnya, sudah dijawab oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). "Jadi untuk masyarakat tidak perlu takut lagi akan hal itu, dan ini tidak ada pemaksaan karena sebelum divaksin akan ada proses yang dilalui. Akan ada beberapa pertanyaan medis yang jika memang kita dianggap bisa untuk divaksin maka akan dilakukan vaksinasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengajak masyarakat Kota Bengkulu untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi dengan mendaftarkan diri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang telah disediakan untuk melayani penyuntikan vaksin di Kota Bengkulu.

"Oleh karena itu kepada masyarakat terkhusus Kota Bengkulu, kita mengajak mari sama-sama mendaftarkan diri mendatangi tempat-tempat yang telah ditentukan pemerintah untuk dilakukan vaksinasi. Vaksin ini gratis karena bapak Presiden kita sudah mengambil alih tanggung jawab pembayarannya sehingga ini benar diperuntukkan bagi masyarakat. Mari kita hilangkan prasangka-prasangka, kita daftarkan diri untuk divaksin," tutupnya. (tok)

Tags :
Kategori :

Terkait