Gaji PPL Swadaya Naik 100 Persen Lebih

Senin 15-03-2021,11:36 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  MUKOMUKO – Penatausahaan keuangan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) tahun ini membawa dampak positif pada tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) swadaya yang akan direkrut. Yakni kenaikan pada gaji yang mencapai 100 persen lebih dari gaji tahun sebelumnya.

Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Mukomuko, Elxandi Utria Darma, S.TP, M.Ec,D.Ev mengatakan, tahun ini PPL swadaya bisa menerima gaji hingga Rp 2,1 juta per bulan. Angka itu mengikuti standar yang berlaku dalam SIPD. Tahun lalu, gaji PPL Swadaya hanya Rp 900 ribu per bulan. “Anggarannya sudah tersedia di APBD tahun ini,” katanya.

Hanya saja, dengan naiknya gaji yang harus dibayarkan Pemkab Mukomuko, berdampak pada masa kontrak. Sebab Pemkab menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Dari sebelumnya sekali kontrak bisa selama setahun, namun untuk sekarang, otomatis waktu kontrak hanya 6 bulan.

“PPL swadaya yang dibutuhkan sebanyak 28 orang. Itu sudah sesuai dengan alokasi anggaran yang tersedia sebesar kurang lebih Rp 352,8 juta,” terangnya. Selanjutnya baca di Epaper RB

Tags :
Kategori :

Terkait