Susah Cari Kerja di Masa Pandemi Covid-19, Dewan Minta Disnaker Cari Solusi

Senin 24-05-2021,15:46 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU - Dampak pandemi Covid-19 masih sangat dirasakan masyarakat Bengkulu, termasuk para pencari kerja. Beberapa perusahaan ada yang harus gulung tikar karena omzet atau pendapatan kian menurun. Imbasnya pun pengangguran bertambah karena para pekerja terpaksa di rumahkan. Belum lagi setiap tahunnya kampus meluluskan sarjana.

"Dampak Covid-19 ini luar biasa. Apalagi dalam aspek ekonomi, sepertinya sangat sulit bergerak. Setiap tahun pasti universitas yang ada di Bengkulu meluluskan ribuan mahasiswa, semuanya pasti ingin kerja," kata Waka I DPRD Kota Bengkulu Marliadi

Untuk itu Dewan minta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mencari cara atau solusi bagaimana caranya bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu para pencari kerja di Masa Pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan agar  perekonomian di Bengkulu terus berputar.

"Kita bingung juga dengan kondisi saat ini. Kalau mau buka usaha pasti bingung siapa yang mau beli nanti dalam keadaan Covid-19 ini. Yang mau kerja juga harus siap bersaing dengan ribuan orang," tambah Marliadi

Lanjutnya, hal ini menjadi tugas berat bagi Dinas Tenaga Kerja untuk menciptakan peluang kerja sebanyak mungkin. Upaya tersebut bisa dengan memperkuat peran sebagai OPD ketenagakerjaan.

"Untuk itu kita minta Disnaker mencari cara agar tercipta lapangan kerja untuk adik-adik kita ini. Kita juga harus bisa memposisikan bagaimana jika kalau kita ada di posisi mereka yang sedang kebingungan. Mungkin ada diantara mereka yang menjadi kepala keluarga yang harus membiayai adik nya sekolah. Untuk yang sudah dapat pekerjaan, bekerjalah dengan baik karena mencari pekerjaan saat ini susah," tutup Marliadi. (cw1/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait