Hujan Deras Berpotensi Guyur Bengkulu

Selasa 25-05-2021,10:31 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu kembali memprediksi peluang terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Prediksi ini keluar lantaran BMKG masih menemukan adanya gangguan MJO di wilayah Indonesia bagian barat.

Forcaster BMKG Fatmawati Bengkulu Rahyu Mailansari, S.Tr mengatakan mengingat terjadinya gangguan ini dapat mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah barat Indonesia termasuk di Bengkulu. ‘’Adanya labilitas lokal udara yang kuat serta kelembapan udara yang cukup basah di lapisan bawah, hingga atas di wilayah Bengkulu,‘’ jelasnya.

Dengan begitu ini membuat dan dapat mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah Bengkulu. Adanya, pengaruh MJO dan labilitas udara ini sebut Rahyu berpeluang memasuki Rabu (26/5) besok, semua Kabupaten di Bengkulu kecuali  Kabupaten Kaur dan Kota Bengkulu. Sedangkan saat memasuki Selasa (25/5) hari ini,  diperkirakan hujan dengan intensitas sedang sampai lebat itu, disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat akan melanda wilayah antaranya Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah dan Bengkulu Selatan.

Terkait kondisi ini kata Rahyu masyarakat perlu waspada adanya peluang hujan lebat seperti ini dan berpeluang menimbulkan banjir, tanah longsor dan  kemungkinan-kemungkinan bahaya alam lainnya. ‘’Waspada perlu ditingkatkan,‘’ pungkasnya. (iks)

Tags :
Kategori :

Terkait