Dewan Desak Percepat Lelang Paket Proyek

Kamis 03-06-2021,15:40 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU - Memasuki pertengahan tahun 2021 ini, Anggota Komisi III DPRD Provinsi, Tantawi Dali S.Sos M.M, meminta agar Pemprov Bengkulu mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis agar segera mempercepat lelang paket kegiatan di Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ).

"Kita minta percepat pelaksanan lelang di UKPBJ. Apalagi sebelumnya sudah ada kesepakatan antara Banggar dan OPD, tidak ada perpanjangan 50 hari bagi kegiatan yang belum selesai pasca tahun anggaran berakhir. Kesepakatan ini agar daerah tidak terutang pada rekanan, yang jelas kita minta segera kejar serapan anggaran," kata Tantawi.

Lanjutnya, salah satu yang menjadi sorotan utama dewan saat ini adalah terkait belanja modal. Pasalnya, dari pantauannya hingga saat ini realisasi masih terbilang rendah. Untuk itu, Pemprov Bengkulu diminta dapat meningkatkan serapan anggaran mengingat sekarang ini sudah memasuki pertengahan tahun anggaran.

"Masih rendahnya realisasi yang dimaksud, tentu saja eksekutif harus segera menggejar serapan anggaran. Apalagi terkait rendahnya realisasi ini, daerah kita juga menjadi sorotan pemerintah pusat. Tentu saja dengan capaian itu menunjukkan fakta, jika banyak kegiatan yang belum berjalan," imbuhnya.

Untuk diketahui, hingga 27 Mei 2021 sudah ada 62 paket kegiatan yang sudah masuk di Unit Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Provinsi Bengkulu. Dengan 18 paket diantara sudah selesai untuk tahapan tendernya. Selain itu ia juga mengimbau agar bisa mendahulukan kegiatan yang bersifat pembangunan infrastruktur di 10 kabupaten/kota.

Ia menilai sejauh ini belum terlihat sama sekali kegiatan fisiknya berjalan. Sehingga menjadi pertanyaan, apa masalahyang dihadapi Pemprov karena refocusing juga sudah dilakukan. "Sama-sama kita ketahui jika APBD tahun ini disahkan November tahun lalu," tukasnya. (war)

Tags :
Kategori :

Terkait