Pembangunan Command Center Provinsi Bengkulu Masih Dikaji

Sabtu 19-06-2021,20:54 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

    BENGKULU - Untuk mendukung pelayanan publik serta memaksimalkan pemerintahan berbasis elektronik, Pemprov Bengkulu berencana akan membangun command center yang merupakan pusat kendali berbasis teknologi informasi tentang Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan pembangunan command center akan dilakukan secara bertahap serta ditargetkan akan dimulai pada tahun 2021 ini. Namun saat ini pihaknya masih melakukan kajian dan meminta sumbang saran kepada beberapa pihak terkait sebelum pembangunan.

"Rencana akan kita bangun tahun ini, namun saat ini masih kita kaji dan kita masih meminta sumbang saran beberapa pihak terkait sebelum kita ajukan ke tim anggaran," sampainya.

Jaduliwan menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan kajian terkait desain dan konsep bangunan command center yang akan dibangun tersebut. Lantaran pembangunan command center yang akan dilengkapi fasilitas pelayanan dan elektronik pendukung.

"Masih kita rapatkan, kalau memang dukungan dana daerah kita memungkinkan karena ini dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik di Provinsi Bengkulu pastilah kita siapkan," tambahnya.

Lanjutnya, untuk estimasi anggaran sendiri pada tahapan awal pembangunan command center diperkirakan akan membutuhkan sebesar Rp 10 miliar.

"Kita lihat nanti karena anggaran ini sama seperti membeli alat, hal ini tergantung dengan jumlah dana. Semakin besar dana maka semakin canggih dan muktahir alat nanti yang kita siapkan. Kalau melihat konsepnya, jika di tahun ini memungkinkan memang ada pendanaan sampai Rp 5 atau Rp 7 miliar bisa kita mulai awal. Tapi bukan berarti dana pembangunannya nanti segitu karena kita masih kaji," demikian Jaduliwan. (tok)

Tags :
Kategori :

Terkait