Hingga Minggu, Bengkulu Diprediksi Hujan Deras

Sabtu 10-07-2021,12:00 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Prediksi terjadinya hujan deras disertai petir dan angin kencang sesaat masih terus akan terjadi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati di Provinsi Bengkulu memperkirakan peluang itu terjadi sampai Minggu (11/7) besok.

Pengamat Cuaca BMKG Fatmawati Bengkulu, Dyah Rizki mengatakan belum hilang alias masih adanya suplai uap air yang cukup banyak dari wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia Bagian Barat memicu terjadi peluang ini.

“Juga karena adanya gangguan osilasi maddan julian yang berada diwilayah Samudera Hindia Barat Sumatera,” jelasnya kepada Rakyat Bengkulu.

Bukan itu saja adanya labilitas udara berskala kecil yang cukup kuat dan terdapat kelembaban udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas di wilayah Bengkulu sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan awan hujan diwilayah Bengkulu.

Masyarakat kata dia tetap diminta waspada akan peluang terjadinya banjir tanah longsor termasuk bahaya-bahaya lain karena jenis gangguan ini. Sementara untuk wilayah yang bakal tersapu hujan deras, petir dan angin kencang sesaat pada Minggu (11/7) itu adalah seluruh Kota dan Kabupaten di Bengkulu tanpa terkecuali.

“Kewaspadaan akan bahaya Hidrometeorologi ini perlu ditingkatkan,” ingatnya. Sementara itu khusus memasuki Sabtu (10/7), diwilayah-wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara, lebong, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Sementara itu BMKG kata Dyah juga mengeluarkan prakiraan cuaca kelautan yang berlaku sampai dengan pukul 07.00 Wib tanggal 10 Juli yakni Perairan Bengkulu Gelombang tinggi 2,5 – 4 meter diperkirakan akan terjadi hujan lokal dengan kecepatan angin antara 1-10 knot per jam. Sedangkan Perairan Pulau Enggano diperkirakan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter sampai 4 meter, juga terjadi hujan lokal berawan dan kecepatan angin antara 1-15 knot per jam. (iks)

Tags :
Kategori :

Terkait