Di Mukomuko, Rp 7,34 M Mengalir ke Rekening Desa

Jumat 30-07-2021,12:10 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

    MUKOMUKO – Rekening Kas Desa (RKD) milik 145 desa di Kabupaten Mukomuko dialiri dana Rp 7,34 miliar, kemarin (29/7). Dana yang disalurkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko itu merupakan bagian dari dana desa (DD) yang diperuntukkan khusus untuk pemberian bantuan langsung tunai (BLT) DD.

Rincian BLT DD yang disalurkan terdiri dari BLT DD bulan Juni – Juli sebesar Rp 3,6 miliar untuk 145 desa reguler. Kemudian BLT DD bulan  Agustus – September sebesar Rp 3,74 miliar. Itu untuk 145 desa reguler dan 3 desa mandiri.

“Hari ini (kemarin), kita proses dan salurkan dana untuk BLT DD ke RKD 145 desa se Kabupaten Mukomuko. Total penyaluran sebesar Rp 7,34 miliar,” kata Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian, S.STK, M.SE.

Ia meminta agar dana tersebut tidak mengendap di RKD. Secepatnya disalurkan pemerintah desa ke warganya yang sudah ditetapkan sebagai penerima BLT DD. Apalagi dana yang disalurkan itu merupakan dana untuk BLT DD hingga bulan September mendatang.

“Jangan sampai mengendap. BLT DD bulan Juni – Juli dapat disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara sekaligus. Ini untuk mengejar keterlambatan penyaluran,” kata Rusli.

Sedangkan untuk bulan Agustus dan September, diharapkan pemerintah desa sudah menyalurkannya sejak awal bulan. Mengingat dana untuk pemberian BLT DD di 145 desa regular dan 3 desa mandiri sudah tersedia di rekening masing-masing desa.

“Dengan adanya BLT DD, diharapkan dapat membantu menjaga daya beli masyarakat desa. Apalagi setiap KPM menerima Rp 300 ribu per bulan dari BLT DD, berlangsung selama 12 bulan,” sampai Rusli.

Ia menambahkan, penyaluran BLT DD ke RKD tidak dilakukan per bulan lagi, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 94/PMK.07/2021. Pola penyaluran BLT DD yang semula dicairkan secara bulanan, sekarang dapat sekaligus untuk 3 bulan.

“Adanya perubahan peraturan ini diharapkan tidak terdapat lagi keterlambatan penyaluran BLT DD. BLT DD diharapkan dapat diterima oleh keluarga penerima manfaat pada setiap awal bulan berkenaan,” harapnya.

Ia pun mengapresiasi langkah cepat dari segenap jajaran Pemkab Mukomuko. Mulai dari pemerintah desa, kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Badan Keuangan Daerah Mukomuko.

“Ini sesuai dengan target kami pada saat digelar Focus Group Discussion (FGD) Percepatan Penyaluran Dana Desa dan BLT DD. Bahwa untuk penyaluran BLT-DD sampai bulan September, ditargetkan selesai pada akhir Juli 2021,” papar Rusli. (hue)

Tags :
Kategori :

Terkait