72 Desa Belum Ajukan Pencairan DD Tahap II

Sabtu 31-07-2021,14:21 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

    MUKOMUKO – Dari total 145 desa regular di Kabupaten Mukomuko, baru 73 desa yang berkas pengajuan penyaluran dana desa (DD) tahap II, sampai di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko. Dan dana sebesar Rp 19,2 miliar, rampung diproses dan disalurkan dari rekening kas umum Negara (RKUN) ke rekening kas desa (RKD).

“Penyaluran Dana Desa Tahap II, untuk Desa Reguler, telah KPPN salurkan sebanyak Rp 19,23 miliar untuk 73 Desa Reguler. Terdiri 30 Desa telah disalurkan pada 23 Juli 2021, dan 43 Desa lagi telah disalurkan pada 28 Juli 2021,” sampai Kepala KPPN Mukomuko, Rusli Zulfian, S.STK, M.SE, kemarin.

Pihaknya masih menunggu pengajuan dari 72 desa lainnya. Untuk penyaluran DD tahap II tahun anggaran 2021. Diharapkan dapat secepatnya, agar secepatnya pula DD tahap II bagi 72 desa itu disalurkan ke RKD masing-masing desa.

“Sampai hari ini (kemarin), tersisa 72 Desa Reguler itu, belum kami terima berkas pengajuan Tahap II. Mudah-mudahan dapat secepatnya,” kata Rusli.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mukomuko, Gianto, SH, M.Si mengatakan, dari pihaknya, sudah menyampaikan berkas 142 desa ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko. Dan untuk kelanjutannya, berkas itu akan terlebih dahulu diverifikasi oleh BKD Mukomuko. Baru kemudian dari BKD, berkas tersebut dilanjutkan ke KPPN Mukomuko.

“Kalau dia lengkap, maka tidak ada hambatan, bisa langsung sampai ke KPPN Mukomuko. Tapi kalau masih ada yang kurang, tentu harus dilengkapi terlebih dahulu oleh pemerintah dsa,” kata Gianto.

Sedangkan untuk penyaluran alokasi dana desa (ADD) tahap II, sudah disalurkan untuk 107 desa. Dengan total dana yang disalurkan dari rekening kas umum daerah (RKUD) Pemkab Mukomuko ke RKD, sebesar Rp 20,6 miliar. “Yang sudah selesai prosesnya dan sudah masuk ke RKD, ADD tahap II untuk 107 desa. Sedangkan untuk 17 desa lagi, masih dalam proses di BKD. Mudah-mudahan secepatnya rampung,” kata Gianto.

Sementara itu, masih ada 24 desa lagi yang pengajuannya belum sampai ke Dinas. Ia berharap, desa itu dapat segera menyampaikan pengajuan. Agar cepat pula tersalurkan ADD dan DD tahap II. “Kita berharap, yang lainnya juga rampung, sehingga cepat pula nanti pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap III,” pungkasnya. (hue)

Tags :
Kategori :

Terkait