Usut Biaya Swab Antigen!

Selasa 10-08-2021,14:37 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

ARGA MAKMUR - Polres Bengkulu Utara (BU) kini tengah mempelajari terkait dugaan pungutan liar yang terjadi di RSUD Arga Makmur. Hal ini terkait temuan pungutan uang swab antigen Rp 300 ribu pada pasien. Padahal seharusnya gratis.

BACA JUGA:  Polisi Panggil Ibu Tersangka Investasi Bodong, Pegang Tiga Kartu ATM, Total Korban 130 Orang Sedangkan sesuai surat edaran Kemenkes HK.02.02/I/4611/2020 swab antigen untuk Pulau Jawa maksimal Rp 250 ribu. Di luar Jawa maksimal Rp 275 ribu

Kapolres Bengkulu Utara AKBP. Anton Setyo Hartanto, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim AKP. Jery Nainggolan, S.IK menuturkan menindaklanjuti informasi tersebut.

Tindak lanjut tersebut dengan mengklarifikasi terkait dengan informasi pungutan pemeriksaan swab antigen di RSUD Arga Makmur.

“Kita akan tindaklanjuti informasi tersebut. Akan kita lakukan klarifikasi,” pungkas kasat. Polisi juga sudah mengagendakan mengundang keluarga pasien yang membayar swab antigen tersebut.

Hal ini mengklarifikasi dan meminta bukti terkait dugaan pungutan diatas Harga Acuan Tertinggi (HAT) sesuai dengan SE Kementerian Kesehatan.

“Kita akan klarifikasi dulu, melihat bukti-bukti terkait polemik tersebut,” katanya.

BACA JUGA:  Polisi Dalami TKP Lain, Tersangka Begal Ambulans Residivis Jambret Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara Febri Yurdiman, SE menuturkan, mendukung sepenuhnya polisi dalam mengusut dugaan pungli tersebut.

Apalagi hal ini terkait dengan penanganan Covid-19 dimana Pemkab BU menganggarkan dana besar untuk penanganan Covid-19.

“Kita mendukung kepolisian untuk menertibkan jika memang terbukti pungli. Apalagi sudah ada aturan yang melandasi biaya. Apalagi yang harusnya membayar itu swab antigen untuk pelaku perjalanan,” terangnya.

Ia bahkan menegaskan Komisi I akan mengawasi detail terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan RSUD Arga Makmur.

Bahkan, ia memastikan suatu saat akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan prosedur penanganan yang dilakukan oleh RSUD.

BACA JUGA:  Petugas Labor Ngaku Salah Tulis, Soal Swab Antigen di Atas HAT “Dengan munculnya kejadian ini (pungutan swab, red), kami sangsi jika ini hanya terjadi pada satu kasus,” pungkas Febri. (qia)

Data dan Fakta 1. Pasien dipungut biaya Rp 300 ribu untuk swab antigen. Baca Selanjutnya>>>
Tags :
Kategori :

Terkait