Pendataan Penerima Elpiji Subsidi Tuntas Oktober, Pastikan Tidak Tumpang Tindih

Jumat 08-10-2021,12:01 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU - Peruntukan bantuan gas elpiji subsidi yang diperuntukkan bagi dua kelompok masyarakat. Yakni masyarakat kurang mampu dan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) sesuai dengan data RT setempat. Ini disampaikan oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, dijelaskannya Program Bantuan Tabung elpiji 3 kg Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Provinsi Bengkulu, menjadi salah satu dari 18 program prioritas Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu.

"Lebih cepat kan lebih baik, kalau bisa selesai dalam dua mingguan ini yang lebih baik lagi. Kita juga sedang mengurus izin dari kementerian untuk program ini. Insyaallah dalam waktu dekat selesai. Kita juga minta kepada kabupaten kota untuk segera menyelesaikan pendataan penerima. Akan bagus lagi, jika akhir bulan ini selesai," kata Yuliswani.

Sehingga, pihaknya menggandeng Dinas Sosial, Dinas perindustrian dan perdagangan, serta ESDM Provinsi Bengkulu. Untuk kolaborasi dalam mendata agar tidak salah sasaran. Untuk kriteria masyarakat yang akan mendapatkan tabung elpiji 3kg ini, lanjutnya, adalah masyarakat kurang mampu ataupun usaha mikro yang memang membutuhkan bantuan tabung gas.

"Jadikan datanya nanti, tidak tumpang tindih. Masing masing ada kriteria untuk penerima bantuan elpiji ini," tukasnya.

Disamping pendataan ini, pihaknya juga terus mengawasi dan berupaya menekan adanya kelangkaan elpiji 3 Kg. Untuk itu, Pemprov Bengkulu meminta agar pemerintah kabupaten kota ikut mengawasi distribusi LPG 3 kg ini, hingga ke tingkat RT. menilai jika kelangkaan ini disebabkan oleh distribusi gas melon yang tidak tepat.

"Kita  untuk kabupaten kota mendata siapa yang berhak mendapatkan gas elpiji ini. Sesuai prioritas nya yakni UKM kecil dan keluarga kurang mampu. lni juga libatkan aparat desa hingga RT. Itu untuk memantau distribusinya," papar Yuliswani.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menyampaikan untuk memastikan bahwa bantuan elpiji 3 kg dalam realisasinya, tepat sasaran. Maka pihaknya terus berkoordinasi dengan stekholder terkait, terutama berkenaan dengan data penerima bantuan. Juga untuk segera menyelesaikan pendataan penerima.

"Jadi akhir November itu SK Gubernur calon penerima tabung gas 3kg beserta isinya se Provinsi Bengkulu sudah ada," sampai Hamka.

Bantuan Tabung Gas elpiji ini hanya untuk masyarakat provinsi Bengkulu yang tidak mampu.

"Pendataan penerima tabung ini harus memiliki kriteria tertentu. Jangan sampai salah sasaran," jelas Hamka.

Dijelaskannya, program tabung elpiji 3kg gratis berserta isinya ini telah dianggarkan dalam APBD 2022.  Dengan estimasi 1000 tabung untuk seluruh Provinsi Bengkulu lengkap dengan isinya. 1000 LPG 3kg ini akan distribusikan ke 10 kabupaten kota se Provinsi Bengkulu.

"Sesuai dengan RPJMD Provinsi Bengkulu.  Juga program dilaksanakan setiap tahun hingga 2026," tutup Hamka. (war)

Tags :
Kategori :

Terkait