Seluruh Desa di Bengkulu Dialiri Listrik pada 2022

Kamis 28-10-2021,14:52 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Bengkulu menargetkan tahun 2022 nanti semua desa di seluruh wilayah Bengkulu tuntas dialiri listrik. Saat ini data PLN UP3 Bengkulu baru sebesar 99,93 persen. Mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu terbaru jumlah desa di Bengkulu sekitar 1.518 buah desa.

Manager UP3 PLN Bengkulu Hendra Irawan mengatakan sekarang tinggal 1 desa lagi di Kabupaten Lebong tepatnya di Desa  Sungai Lisai di Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong yang belum disentuh listrik dari PLN. “Mudah-mudahan tahun sudah bisa dialiri,” jelasnya kepada rakyatbengkulu.com.

Desa Sungai Lisai merupakan salah satu desa yang ada di pedalaman Kabupaten Lebong, sangat terpencil dan dikelilingi perbukitan, topografi yang memang melingkupi kabupaten itu. Hendra Irawan mengatakan, beberapa kendala desa ini lantaran akses jalan untuk membangun jaringan listriknya yang terkendala.  Desa ini bisa disebut sebagai remote area alias desa yang sulit dijangkau seperti konsep 3T, terpencil, terluar dan terdepan.

“Rencana kalau tidak berubah nantinya akan menggunakan tabung listrik seperti di Lebong Tandai Bengkulu Utara,” bebernya.

Tabung Listrik (Talis) akan digunakan sebagai salah satu alternatif sumber listrik di daerah pedalaman yang sangat sulit untuk dijangkau oleh jaringan listrik. Cukup dengan plug-and-play, masyarakat di pedalaman sudah dapat memanfaatkan listrik dengan Talis untuk kebutuhan penerangan hingga menyalakan televisi. (iks)

Tags :
Kategori :

Terkait