Ada SIM Gratis Khusus Pelajar, Ini Kriterianya

Jumat 12-11-2021,15:55 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

MUKOMUKO – Sejumlah pelajar yang beruntung bakal mendapatkan layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) gratis.

Layanan itu bakal diberikan Satuan (Sat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Mukomuko.

BACA JUGA:  Pengusutan Pemotongan BLT Berhenti, Warga Protes Kejari Lebong “Polres Mukomuko akan memberikan atau menerbitkan SIM gratis bagi pelajar,” kata Kapolres Mukomuko AKBP Witdiardi, S.IK, MH melalui Kasat Lantas AKP Fery Octaviari Pratama, S.IK, MH.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, jelas Fery, pihaknya tengah berkoordinasi lebih lanjut dengan dinas maupun sekolah.

Sebab sasaran SIM gratis ini rencana awal khusus pada pelajar.

“Tentu tidak semua pelajar. Hanya menyasar pelajar dengan beberapa kriteria khusus. Makanya ini perlu kita koordinasikan lebih lanjut,” terannya.

Di antara kriteria yang bakal dimasukan yakni pelajar berprestasi.

Di mana diharapkan, tidak hanya berprestasi di lingkungan sekolahnya saja, melainkan juga berprestasi di bidang lainnya.

“Berprestasi di sini, sifatnya masih umum. Nanti akan dilihat ada yang berprestasi sebagai juara kelas, maupun juara di sekolahnya. Tapi juga pelajar itu juga berprestasi di bidang lain,” sebut Fery.

Ia menambahkan, dipastikan SIM gratis ini tidak akan menyasar seluruh pelajar.

Tetap Mengacu Aturan
Sebab sekalipun sasarannya pelajar, namun pihaknya tetap akan berpedoman dengan ketentuan perundang-undangan.

BACA JUGA:  MoU Belum Diubah, Uang Sewa Sudah Disetor ke Kasda Jadi pelajar yang dilayani, hanya pelajar yang sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Jadi selain berprestasi, harus juga telah mencapai usia yang diperbolehkan mendapatkan SIM. Lalu SIM tidak diberi begitu saja, tetap melalui prosedur sebagaimana biasanya. Hanya biayanya saja yang tidak dikenakan,” jelas Fery.

Mengenai berapa kuota SIM gratis bagi pelajar, Fery belum bersedia menerangkan lebih lanjut.

Pihaknya masih akan memfinalisasi terlebih dahulu program tersebut.

“Ini masih dilakukan perencanaan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Yang jelas, Polres Mukomuko bakal menyiapkan SIM gratis bagi pelajar yang salah satunya itu pelajar yang berprestasi,” demikian Fery. (hue)

Simak Video Berita 

Tags :
Kategori :

Terkait