Bengkulu Selatan Butuh Tambahan 400 Guru

Rabu 17-11-2021,13:27 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  KOTA MANNA -Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menyebutkan saat ini Bengkulu Selatan masih kekurangan tenaga pendidik atau guru tingkat TK, SD dan SMP. Masih membutuhkan tambahan 400 orang guru PNS.

Permasalahan kekurangan guru PNS ini bukan hal baru. Ditambah lagi, pemerataan guru ikut menjadi persoalan. Hal ini dikarenakan masalah penempatan guru. Seperti saat mutasi ada sekolah yang gurunya menumpuk, dan di sekolah lain ada yang kekurangan guru.

BACA JUGA:  115 Calon PPPK Guru Lulus Seleksi Kompetensi Kepala Dikbud Bengkulu Selatan Rispin Junaidi, M.Pd mengatakan, ada dua faktor Bengkulu Selatan selalu kekurangan guru PNS. Pertama, setiap tahunnya ada guru yang masuk masa pensiun dan ada yang meninggal dunia. Lalu kedua, tidak ada perekrutan atau seleksi CPNS guru.

"Persoalannya itu, dan sampai saat ini kita masih sangat butuh tambahan guru," kata Rispin.

Ia menambahkan, sebagai solusinya pihak sekolah terpaksa merekrut tenaga guru honorer untuk mengisi kekosongan guru. Baik guru kelas, guru PAI, guru penjas dan guru mapel lainnya.

Kendati demikian, pihak sekolah juga terkendala masalah honor untuk membayar gaji guru tersebut. Oleh sebab itu, Dikbud berharap agar pemerintah daerah mencarikan solusi agar ada seleksi CPNS di Kabupaten Bengkulu Selatan khususnya guru.

Peran Vital
Padahal, bagi Rispin peran penting guru dalam mencerdaskan anak bangsa sangatlah vital. Semua proses pendidikan diawali oleh binaan guru di sekolah.

Lebih daripada itu, kekurangan guru di sekolah tentu mempengaruhi aktivitas pembelajaran. Sebab, ada guru yang diberikan beban mengajar lebih dari kemampuan kapasitasnya. "Untuk perekrutan guru dengan status PPPK belum dipastikan mencukupi atau tidak," ujar Rispin.

BACA JUGA:  Gulirkan Program Sertifikasi Kepsek Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Bengkulu Selatan Holman SE menegaskan, persoalan ini seperti dianggap hal biasa oleh pemerintah. Padahal diakuinya kehadiran guru sangat penting. Untuk solusi, ia berharap ada pemerataan guru di setiap sekolah. Jangan ada guru yang menumpuk.

"Sebelum ada perekrutan atau seleksi, Dikbud lakukan pemerataan guru dulu. Semua sekolah harus mendapatkan tenaga pendidik yang cukup," harapnya.

Total guru PNS di di tingkat TK sampai SMP saat ini berjumlah 2.400 orang guru. Dan, kekurangan guru mencapai 400 orang guru yang tersebar di 11 kecamatan Bengkulu Selatan.(tek)

Simak Video Berita 

Tags :
Kategori :

Terkait