9 Juni, Pemberangkatan Kloter Pertama Bengkulu

Selasa 17-05-2022,09:10 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

    BENGKULU,rakyatbengkulu.com - Usai dua tahun ditunda pemberangkatan ibadah haji ke Tanah Suci, pekan kedua Juni nanti diagendakan jamaah yang tergabung dalam kloter pertama, direncanakan akan berangkat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr.H. Zahdi Taher, M.Hi melalui Kabid PHU, Dr. H. Intihan, S. Ag. MH menjelaskan informasi Kementerian Agama, bahwa jamaah Bengkulu nanti akan mulai berangkat pada 9 Juni. Melalui Padang, Sumatera Barat bersamaan dengan kloter 6 Padang.

"Ini kita masih menunggu finalisasinya. Namun informasi dari pusat, untuk kloter pertama berangkat diperkirakan berangkat 9 dan 10 Juni, itu kloter keduanya, " ungkapnya, Senin (16/5).

Ia menjelaskan Provinsi Bengkulu hanya ada 2 kloter. Yakni 747 jamaah haji yang bisa berangkat tahun ini. Jumlah ini merupakan kesimpulan yang diberikan oleh Kemenag RI, dengan berbagai pertimbangan, mengingat kondisi pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Kemenag Rilis Jemaah Haji Reguler Berangkat ke Tanah Suci, Cek Daftarnya "Mulai di Asmara nya dijadwalkan 8 Juni untuk kloter pertama. Lalu kloter keduanya itu pada 9 Juni, karena kan kloter keduanya berangkat terbang pada 10 Juni, " jelasnya.

Saat ini para jamaah mulai dipersiapkan perlengkapan untuk pemberangkatan ke Tanah Suci nanti. Disamping itu, persyaratan utama yakni vaksinasi covid-19 maupun vaksinasi Meningitis juga tunas dilakukan. Sehingga dipastikan 747 jama'ah ini dipastikan bisa berangkat.

"Sudah semuanya lancar, memang masih ada beberapa jamaah melakukan validasi. Namun tetap dipastikan berangkat insyaallah, " kata Intihan.

 
Mulai Manasik
Subordinator Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji, H. Allazi, SE menjelaskan untuk Kota Bengkulu ada 167 jamaah. Bengkulu Utara sisa kuota 107 jamaah. Bengkulu Selatan sisa kuota 68 jamaah. Rejang Lebong, sisa kuota 126 jamaah. Mukomuko sisa kuota 94 jamaah.

BACA JUGA:  Qori Internasional Isi Pembukaan MTQ Seluma sisa kuota 91 jamaah. Kaur sisa kuota 57 jamaah. Kepahiang sisa kuota 58 jamaah. Lebong sisa kuota 49 jamaah. Bengkulu Tengah sisa kuota 48 jamaah. Sehingga untuk Kuota 2020 ada 1.636 jamaah. Sedangkan Kuota 2022 ada 747 saja.

"Besok (hari ini, red) akan dibagikan koper koper untuk jamaah. Rabu (18/5) itu mulai melakukan manasik haji, " jelasnya.

Dilakukannya kembali manasik haji ini, mengingat para jama'ah ini hampir dua tahun lamanya. Tidak mengaplikasikan terkait manasik haji. Sehingga dilakukan manasik haji ini, agar menjadi bekal bagi jama'ah saat di Arab Saudi nanti.

Selain itu, Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu juga telah menerbitkan SK Nomor : B- 4755 /Kw.07.4.2/Hj.00/05/2022 yang berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Nomor 221 Tahun 2022.

Baca Selanjutnya>>>
Tags :
Kategori :

Terkait