Menurut Margono, berbagai produk digital yang dihadirkan PT FIF untuk membantu seluruh proses bisnis tersebut di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Aqcuisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercapat akuisisi kredit customer. FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.
“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” tegas Margono.
Perkembangan Line of Business per April 2022
PT FIF memiliki 4 lini bisnis utama pada layanan pembiayaan yang disediakan. Keempat lini bisnis tersebut adalah FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, dan AMITRA yang merupakan jasa pembiayaan syariah PT FIF. Berikut ini perkembangan masing-masing Line of Business (LoB) PT FIF berdasarkan data lapangan yang telah terkumpul sampai dengan April 2022.
Penyaluran pembiayaan setiap lini bisnis PT FIF memperlihatkan peningkatan pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. FIFASTRA yang merupakan core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, naik 9,10% dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 6,51 triliun.
Sementara itu, FIFASTRA juga mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8%, menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.
Di sisi lain, DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 3,92 triliun atau naik sebesar 13,4% pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021 dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 3,46 triliun. Sedangkan, jumlah booking unit DANASTRA menjadi 456 ribu booking pada periode Januari-April 2022, turun 1,3% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 461 ribu unit.