Lemari Es atau Kulkas? Ini 3 Definisi Menurut KBBI

Minggu 05-06-2022,09:25 WIB
Reporter : redaksi rb
Editor : redaksi rb

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com - Beberapa waktu lalu beredar video yang memperlihatkan seorang ibu yang memesan kulkas bukan lemari es. Meski belum diketahui dimana video itu diambil, namun kuat dugaan video tersebut berasal dari Bengkulu. Ini terdengar dari bahasa yang digunakan.

Aksi tersebut kemudian viral dan cepat menyebar melalui grup-grup pesan aplikasi maupun media sosial. Lantas apakah lemari es memiliki arti yang berbeda dengan kulkas? Kira-kira mana yang benar ya? Berikut penjelasannya.

Belakangan ini penggunaaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan makin luas dan banyak menggunakan kata-kata yang jarang digunakan.

Sehingga membuat kita kadang tidak tahu maksud dari kata-kata tersebut. Seperti penggunaan kata lemari es.

BACA JUGA:  Doa Bersama Tak Berhenti di Gedung Pakuan Namun apakah kamu mengetahui definisi kata lemari es yang sebenarnya? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada 3 arti lemari es yang berasal dari kata dasar lemari. 

Lemari es:

1. Lemari berisi udara dingin (ada yang dapat dipakai membuat es batu), tempat menyimpan makanan dan minuman agar tidak cepat rusak (masam, busuk, dan sebagainya).

2. Arti lainnya dari lemari es adalah lemari pendingin.

3. Kulkas. 

Kulkas memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kulkas dapat menyatakan nama, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kata lemari es dan kulkas memiliki arti yang sama.

BACA JUGA:  KIB Tanda Tangani Kerja Sama, Ijab Kabul Songsong Pemilu 2024  
KBBI
Menurut KBBI, arti lemari es adalah lemari berisi udara dingin (ada yang dapat dipakai membuat es batu), tempat menyimpan makanan dan minuman agar tidak cepat rusak (masam, busuk, dan sebagainya).

Arti lainnya dari lemari es adalah lemari pendingin.

Sedangkan arti kata kulkas menurut KBBI adalah lemari pendingin (tempat menyimpan makanan supaya tidak cepat busuk dan sebagainya).

Nah, semoga dengan adanya penjelasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kosakata tersebut.

Karena dengan mengetahui banyak kosakata dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi maupun dalam menyampaikan pendapat yang ingin disampaikan kepada orang lain. (rei)

Simak video berita:
Tags :
Kategori :

Terkait