Air Terjun Lembah Anai, Ketinggian Capai 35 Meter, Berada di Pinggir Jalan Raya

Senin 11-12-2023,15:47 WIB
Reporter : Amaludin Hakim
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Kalau biasanya air terjun itu berada dalam hutan dan butuh perjuangan untuk mencapai lokasinya, tidak dengan Air Terjun Lembah Anai

Objek wisata ini berada di jorong aie mancua Nagari Singgalang, X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

BACA JUGA:Wow! Turunkan Risiko Kanker dengan Buah Mengkudu, Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Posisi air terjun setinggi 35 meter ini berada di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Jalanan akan banjir bila debit air sedang tinggi, hingga ke jalan. Apalagi saat hujan deras.  

Sekadar diketahui Air Terjun Lembah Anai adalah bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, yang merupakan anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang dengan ketinggian 400 Mdpl. 

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Gosong pada Panci dan Wajan, Begini Resep Membuat Cairan Pembersih yang Ampuh di Rumah

Air terjun ini berada dalam batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai, sehingga suasana masih alami dengan hutan lebat dan pepohonan rimbun.

Lantaran berada di hutan terdapat monyet yang berkeliaran. Lantaran keindahannya membuat Air Terjun Lembah Anai jadi ikon pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

BACA JUGA:Awas! Setelah Makan Jangan Langsung Tiduran, Ini Dampak dan Bahayanya untuk Kesehatan

Aliran airnya mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, terus melewati hutan Gunung Singgalang sebelum sampai di tepi tebing yang curam. 

Aliran air tersebut selanjutnya terjun ke dasar lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul. Saat air terjun turun akan membentuk kabut air yang indah dengan berwarna-warni ketika terkena cahaya matahari. 

BACA JUGA:Harus Tahu! Begini Cara Merawat Gigi Behel yang Baik dan Benar

Debit airnya cukup deras dan stabil di musim penghujan namun akan sangat deras saat hujan lebat turun. 

Air terjun ini berada di kawasan perbukitan dengan keindahan alam yang memukau. Keindahan air terjun dipadukan dengan lingkungan alam sekitarnya yang hijau dan subur. Vegetasi tropis di sekitar air terjun menambah daya tarik alaminya.

BACA JUGA:Jangan Asal Memilih Besi Beton untuk Konstruksi Rumah! Ikuti 5 Tips Berikut Ini Agar Awet dan Bangunan Kokoh

Kategori :