Berbeda! Ini Cara Perayaan Natal Kristen Katolik, Ortodoks, dan Protestan

Selasa 19-12-2023,17:07 WIB
Reporter : Neni Anggraeni
Editor : Heri Aprizal

Natal Kristen Ortodoks diikuti oleh gereja-gereja Ortodoks Timur dan terjadi pada tanggal 7 Januari, berbeda dengan tanggal 25 Desember yang umumnya dirayakan.

Perbedaan tanggal ini disebabkan oleh perbedaan penggunaan kalender liturgi Julian yang digunakan oleh gereja-gereja Ortodoks.

Tradisi Natal Kristen Ortodoks penuh dengan upacara dan kegiatan liturgis yang kaya. Misa Tengah Malam sangat penting dan biasanya dimulai sejak tengah malam, menghantarkan umat ke momen kelahiran Yesus.

BACA JUGA:10 Tradisi Perayaan Natal Unik yang Ada di Berbagai Negara

Lilin-lilin dan ikon-ikon gereja menjadi bagian penting dari dekorasi. Jadi, perbedaan tradisi Natal Kristen Ortodoks ditandai dengan kekhususan liturgis dan ritus yang kuno.

Gereja Ortodoks merayakan Natal sesuai dengan kalender Yulian, yang menyebabkan perbedaan tanggal dengan kalender Gregorian yang umum digunakan.

Misa Tengah Malam Natal juga menjadi pusat perayaan, diikuti oleh tradisi umum seperti "Badnjak," pohon Natal, dan makanan khusus yang disajikan pada malam Natal.

BACA JUGA:Pernah Dianggap Sebagai Alat Propaganda, Ini Sejarah Santa Claus yang Jadi Ikon Natal


Gereja-gereja Protestan cenderung memiliki layanan Natal yang berfokus pada khotbah, musik, dan koor Natal.--Freepik.com/freepik

3. Natal Kristen Protestan

Natal dalam tradisi Kristen Protestan seringkali menekankan makna rohaniah daripada aspek liturgis. Gereja-gereja Protestan cenderung memiliki layanan Natal yang berfokus pada khotbah, musik, dan koor Natal.

Selain itu Perayaan kelahiran Yesus kristus pada umat Kristen Protestan umumnya menekankan makna spiritual Natal dengan fokus pada pembacaan Alkitab, ibadah, dan nyanyian rohani. 

Pohon Natal dan dekorasi sering ditemukan dalam gereja dan rumah anggota jemaat, memberikan nuansa meriah. Perayaan Natal bersifat lebih personal, dan setiap keluarga dapat memilih cara mereka sendiri untuk merayakan.

Gereja-gereja Kristen Protestan juga sering mengadakan pelayanan khusus pada malam Natal.

BACA JUGA:Berbagai Tradisi Unik Perayaan Natal di Indonesia, Simbol Kebersamaan

Berikut Perbedaan dengan Natal Katolik, Ortodok dan Protestan

Kategori :