BRI Peduli Mengajak Masyarakat Lestarikan Ekosistem Sungai dan Lingkungan

Senin 01-01-2024,13:28 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

JAKARTA, RAKYATBENGKULU.COM - Sebagai bagian dari komitmen dalam berbagai sektor, termasuk di bidang sosial dan lingkungan, melalui inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR), BRI Peduli kembali meluncurkan program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’.

Program ini dirancang untuk mendukung pemulihan dan revitalisasi sungai di beberapa wilayah di Indonesia, terutama yang mengalami tingkat pencemaran air tinggi akibat akumulasi sampah.

BRI mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga ekosistem sungai, khususnya dengan memberikan edukasi untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Pada tahun 2023, program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ diperluas dan dilaksanakan di 100 lokasi sungai yang tersebar di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Ayo Daftar Rekrutmen BRILiaN Future Leader Program (BFLP) BRI Group Batch 10 General Staff 2023

Inisiatif ini dijalankan melalui 18 Regional Office BRI yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dimulai sejak tahun 2020 di berbagai lokasi di tanah air.

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk mengembalikan fungsi asli sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat.

"Kami berharap sungai-sungai di negeri ini dapat kembali menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya, baik dari segi kesehatan, ekonomi, sosial, maupun budaya," ujarnya.

Catur menambahkan, banyak peradaban yang tumbuh dari sungai dalam suatu wilayah, memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya.

BACA JUGA:Kredit Tumbuh 12,53 Persen, BRI Semakin Kuat, Selama 9 Bulan Cetak Laba Rp44,21 Triliun

"Oleh karena itu, BRI berusaha mengembalikan sungai sebagai sumber kehidupan sesuai fungsinya," imbuhnya.

Program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan’ yang digulirkan oleh BRI menerapkan konsep Triple Bottom Line, yaitu Pro People, Pro Planet, dan Pro Profit.

Selain melakukan normalisasi, pembersihan, dan pengerukan sungai, BRI juga aktif membangun sarana seperti taman, ruang terbuka hijau, dan area ramah anak.

Selain itu, masyarakat diberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga aliran sungai yang sehat, sesuai dengan tujuan utama program ini yaitu pelestarian ekosistem di sekitar sungai.

BACA JUGA:Borong 3 Penghargaan, Keberhasilan Transformasi Bawa BRI Sebagai ‘Bank dengan Kinerja Keuangan Terbaik’

Kategori :