Kuku Rusak, Bisa Jadi Cedera atau Infeksi, Bisa Ditangani Mandiri atau Konsultasi ke Dokter

Rabu 17-01-2024,09:52 WIB
Reporter : Ana Mariyohana
Editor : Ana Mariyohana

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Seringkali kuku kamu rusak karena sebab tertentu. Biasanya kerusakan kuku akan ditandai dengan perubahan warna, bentuk, tekstur atau ketebalan kuku. Kondisi ini bisa terjadi pada kuku tangan atau kaki. 

Kerusakan kuku dapat ditangani dengan tepat, sepanjang diketahui penyebab dan masalah yang terjadi.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa 2024 Gunungkidul 2, Yogyakarta! Simak Jawabannya di Sini

Beberapa penyebab kerusakan kuku bisa saja lantaran cedera, infeksi bakteri atau ada sebagai bagian dari gejala penyakit tertentu. 

 

1. Cedera

Adakalanya kuku kita menjadi rusak akibat cedera, bisa jadi akibat kecelakaan atau hal lainnya. Termasuk kebiasaan menggigit kuku (onychopagia), kuku terjepit, tertimpa benda berat atau terluka akibat benda tajam seperti teriris pisau saat kegiatan memasak dan lainnya.

BACA JUGA:Simak Rincian Dana Desa 2024 Gunungkidul 1, Yogyakarta! 111 Desa 1 Miliar

Ada beberapa cara menangani kuku yang rusak akibat cedera, tergantung gejala dan tingkat keparahan cedera yang kamu alami. 

Kamu bisa mengawasilinya dengan mengompres kuku yang tengah cedera. Bila memang perlu penanganan medis bisa dengan mengangkat kuku dan menjahit bantalan kuku adalah cara-cara yang bisa dilakukan pada penanganan kuku rusak.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih, Perhatikan 5 Hal Penting Ini Saat Membeli Smart TV

 

2. Infeksi

Penyebab lainnya bisa akibat infeksi, mulai dari infeksi jamur kuku atau yang dikenal dengan onkomikosis. Gejala utama infeksi jamur kuku yang tampak adalah kuku kamu mengeluarkan bau tidak sedap. 

Selain itu kuku lebih rapuh atau menebal di bagian tertentu, kuku terpisah dari kulit jari, kuku berubah warna menjadi putih, kuning, kecoklatan atau hitam. Sehingga tidak enak dilihat dan kadangkala menjadi bengkak dan sakit.

Kategori :