7 Cara Menambah Berat Badan Supaya Lebih Ideal

Minggu 09-06-2024,15:03 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Untuk menambah berat badan dalam waktu 1 minggu, Anda tidak diwajibkan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula cukup tinggi.

Supaya Anda bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, sebaiknya Anda tetap perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang

Contohnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur dan juga ikan.

Bila perlu, Anda pun juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan yang sesuai dengan anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan Anda.

3. Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi

Tidak hanya pada makanan saja, asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman yang padat kalori dan juga nutrisi, yaitu seperti susu, yoghurt, dan juga jus segar di sela waktu makan.

Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun juga dapat terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:Awas Gangguan Kesehatan, 8 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

4. Tambah asupan kalori

Untuk menambah berat badan, Anda juga perlu untuk tambahan asupan kalori di dalam menu makan sehari-hari Anda.

Pilihlah sumber kalori tambahan yang sehat, contohnya dengan taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu.

Meski pun demikian, Anda juga perlu untuk berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori supaya tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan juga dengan kolesterol yang akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

5. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Bila seseorang kekurangan berat badan maka sering akan merasa cepat kenyang, daripada makan 2-3 kali sehari di dalam porsi yang besar, lebih baik makan dalam porsi yang lebih kecil tetapi sering.

6. Minum sesudah makan

Dengan cara minum banyak air sebelum makan tentu saja bisa membuat tubuh lebih cepat kenyang.

Kategori :