4 Hal yang Dapat Membuat Anak Stres, Ketahui Bagaimana Cara Mengatasinya

Sabtu 13-07-2024,14:36 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Stres pada anak memang tidaklah mudah untuk dikenali.

Sebagian anak yang stres tentu bisa saja tidak akan menunjukkan gejala atau keluhan yang spesifik, tapi ada beberapa tanda yang perlu dicurigai sebagai gejala stres pada anak

Beberapa tanda tersebut diantaranya anak tiba-tiba susah tidur, kurang nafsu makan, emosi yang berubah-ubah, serta sulit berkonsentrasi saat belajar, atau kesulitan mengerjakan tugas.

Selain itu, anak yang sedang stres tentu bisa mengalami gejala fisik yang tertentu, contohnya nyeri perut atau sakit kepala, sering mengompol, sembelit, atau pun anak sering merasa tidak enak badan.

Kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum hal yang bisa membuat anak stres. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Kurang tidur

BACA JUGA:Moment Onad Pertama Kali Ambil Raport Anak, Sedih Karena Ini

BACA JUGA:Tips Mengatasi Anak yang Suka Membully, Mulai dari Ajarkan untuk Menghargai Perbedaan

Anak tentunya juga akan memerlukan istirahat yang cukup, terutama setelah ia seharian beraktivitas di sekolah.

Oleh karena itu, Anda pun juga harus memastikan Si Kecil mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat dan jangan sampai ia kurang tidur.

Hal ini penting untuk diperhatikan, karena bila si kecil kurang tidur bisa akan berdampak buruk terhadap mood, perilaku, dan kemampuan menilai, serta dengan daya ingat anak.

2. Aktivitas yang terlalu padat

Aktivitas anak di sekolah tentu juga bisa menyedot sebagian besar tenaganya, meski sudah kelelahan, namun sebagian anak tentu ada yang masih diminta untuk mengikuti pelajaran tambahan yaitu lewat les atau kursus setelah jam sekolahnya.

Perlu untuk di ingat niat Anda sebagai orang tua mungkin baik, namun bila kesibukan tersebut bisa akan membuat Si Kecil tidak memiliki waktu untuk bersantai atau bermain, hal tersebut bisa akan membuatnya kelelahan dan juga stres pada anak.

BACA JUGA:6 Aturan Menitipkan Anak ke Orangtua, Menghindari Percekcokan

Kategori :