10 Manfaat Soda Kue untuk Berkebun, Cocok Digunakan saat Budidaya Tomat

Minggu 14-07-2024,17:12 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM   - Soda kue merupakan bahan rumah tangga yang ternyata banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk kecantikan bahkan cocok untuk pertanian.

Berikut ini 10 manfaat soda kue bagi yang suka berkebun, cocok sekali untuk budidaya tomat namun tentunya pembatasan dosis juga menjadi salah satu bagian dari pemanfaatan soda kue tersebut.

Soda kue sendiri merupakan definisi garam karena mengandung natrium bikarbonat ternyata berguna baik untuk berkebun khususnya dalam mengatasi gulma ataupun hama.

Namun, daripada itu lakukan penggunaan soda kue ini lebih tepat jangan sampai merugikan tanaman Anda maka dari itu dosis yang diperlukan harus benar-benar sesuai dengan takaran.

BACA JUGA:Menanti Kelahiran Anak Pertama, Crazy Rich Syahrini Nginap di Hotel Singapura hingga 3 Bulan

Berikut ini 10 manfaat dari soda kue untuk tanaman saat berkebun, cocok sekali dalam budidaya tanaman tomat, diantaranya adalah :

1. Fungisida alami

Ternyata soda kue dapat bermanfaat untuk fungisida alami pada tanaman dengan cara yang cukup mudah untuk melakukannya Campur soda kue dengan air dan sabun cair.

Setelah kedua bahan tersebut dicampur baru dapat diaplikasikan untuk disemprotkan pada tanaman dan melawan penyakit jamur seperti jamur serbuk sangat berguna sekali pada tanaman.

2. Pembunuh Gulma

Ternyata soda kue juga berguna baik untuk mengatasi gulma pada tanaman. Gunakan langsung baking soda pada gulma kebun untuk membunuhnya pada saat Hari panas penggunaan ini akan berhasil jika tidak turun hujan.

BACA JUGA:3 Resep Sate yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah, Bumbu Kuahnya Sangat Terasa!

Atau dengan cara Buatlah semprotan dengan menggunakan soda kue campurkan satu setengah cangkir soda kue dan juga sabun cair dalam satu galon air dan aplikasikan pada tanaman yang terdapat gulma.

3. Pest Deterrent

Salah satu kegunaan dari soda kue juga dapat menjadi pest Deterrent. Campuran baking soda dan tepung terigu dapat mencegah hama seperti cacing kubis dan aphids saat disapu pada tanaman.

4. Amendemen Tanah

Manfaat lainnya soda kue dapat digunakan untuk menangkal tanah yang terlalu asam, meningkatkan lingkungan untuk pertumbuhan tanaman sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi pada akar tanaman.

5. Pemanis tomat

Selain itu dapat menjadi pemanis tomat dengan cara Taburkan soda kue di sekitar tanaman tomat untuk mengurangi asam tanah, menghasilkan tomat yang lebih manis.

BACA JUGA:Ayu Ting Ting Ajak Bilqis Liburan ke Amerika Serikat, Pertama Kali Naik Pesawat First Class?

6. Penambah kompos

Ternyata soda kue juga dapat menjadi penambah kompos dengan Mempercepat proses kompos dengan membuat lingkungan lebih basa dengan baking soda.

7. Penyerap Bau

Manfaat lainnya yaitu sebagai penyerap bau dengan cara menetralkan bau di area seperti tempat sampah kompos dengan taburan soda kue Hal ini dapat diaplikasikan pada kompos.

8. Pembersih Alat

Manfaat lainnya yaitu sebagai pembersih alat berkebun dengan menggosoknya dengan pasta soda kue untuk menghilangkan kotoran dan karat sehingga tukang kebun tidak susah lagi dalam menghilangkan karat.

9. Perkemahan Benih

Manfaat lainnya soda kue dapat digunakan sebagai perkemahan benih dengan melakukan  perkecambahan benih dengan merendam benih dalam solusi baking soda sebelum ditanam.

BACA JUGA:Kekurangan & Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang, Wajib Tahu Sebelum Membeli

10. Penolak Semut

Soda kue juga dapat dijadikan sebagai penolak semut dengan menciptakan hambatan dengan baking soda di sekitar tanaman atau jalur semut yang mengganggu tanaman anda.

Itulah 10 manfaat dari soda kue dalam berkebun cocok sekali untuk tanaman tomat karena dapat dijadikan sebagai pemanis rasa tomat yang dapat diaplikasikan pada tanaman.

 

Kategori :