Tumbuhkan Tomat dalam 5 Hari di Pekarangan Rumah Anda

Rabu 17-07-2024,19:40 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Siap menjadi petani di rumah Anda sendiri? Begini cara tumbuhkan tomat dalam waktu 5 hari di pekarangan rumah Anda. Tentunya ini akan menjadi pekerjaan yang mengasyikkan.

Dengan melakukan aktivitas bertani atau berkebun di rumah sendiri itu akan membuat Anda melakukan hal yang menyenangkan. Sehingga menumbuhkan rasa kebahagiaan dalam diri Anda sendiri.

Meskipun ini bukan pekerjaan yang rumit namun tentunya perlu teknik-teknik yang harus Anda ketahui untuk menumbuhkan tomat di pekarangan rumah Anda. Tentunya dengan edukasi yang diberikan.

Menjadi petani bukan hal yang susah, apalagi hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda sendiri. Dengan begitu Anda akan mengurangi biaya untuk mendapatkan sayuran yang Anda butuhkan.

BACA JUGA:Pisang Kepok Enggano, Begini Variasi Menu Cocok Dicocol Sambal Terasi

Salah satunya yaitu sayuran tomat ini yang dapat Anda lakukan penanaman dengan waktu 5 hari saja. Anda akan mendapatkan tanaman tomat yang dapat menghasilkan buah.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menanam tomat di pekarangan rumah Anda di antaranya adalah :

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah siapkan pot. Isi pot dengan substrat yang dibasahi untuk memberikan nutrisi dan kelembapan pada irisan tomat.

Untuk step kedua lakukan pengirisan pada tomat. Potong tomat matang menjadi irisan setengah sentimeter, pastikan setiap irisan mengandung biji yang berguna untuk menumbuhkan tanaman.

BACA JUGA:Lansia di Rejang Lebong Meninggal Dunia Diduga Gantung Diri

Tahapan berikutnya irisan tanaman tomat dapat diletakkan irisan secara merata di atas substrat lembab, tutupi dengan lapisan substrat lainnya sehingga merangsang kecambah tomat.

Kemudian untuk perkecambahan dan perawatan, tekan media dengan lembut agar kontak baik, siram perlahan, dan letakkan di bawah sinar matahari tidak langsung dalam merangsang tumbuh tanaman tomat.

Perkecambahan akan terjadi dalam waktu seminggu yang tentunya akan membuat cikal bakal tanaman tomat Anda sehingga ini menjadi awal yang baik untuk proses berkebun Anda.

Untuk tahap berikutnya dalam pemindahan kecambah setelah sekitar sepuluh hari, pindahkan kecambah yang lebih kuat ke dalam pot semai individual yang berisi campuran pot berbahan dasar gambut.  

BACA JUGA:Tradisi Sedekah Bumi Pada Bulan Muharam, Apa Maknya, Simak di Sini

Kategori :