Cara Menanam dan Merawat Pohon Pisang dengan Benar, Mulai dari Persiapan Tanah dan Bibit

Kamis 18-07-2024,08:05 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Pisang adalah satu diantara tanaman yang cukup mudah untuk dibudidayakan, tanaman pisang memang cukup mudah tumbuh di berbagai tempat.

Pisang adalah tanaman asli Asia Tenggara dan termasuk juga dengan Indonesia, tidak heran apabila banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan lahannya untuk ditanami dengan pohon pisang.

Jenis pisang yang cukup banyak ditanam dan dikonsumsi, yaitu antara lain pisang susu, pisang raja, pisang ambon, dan pisang kepok, serta pisang mas dan masih banyak lagi yang lainya.

Dengan mudahnya tanaman pisang tumbuh dan berbuah, sehingga akan membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai peluang untuk bisnis, budidaya pisang juga bisa menjadi bisnis yang begitu menjanjikan, karena buahnya yang banyak disukai.

BACA JUGA:Resep Singkong Goreng Crispy Merekah, Cocok Disajikan Saat Sore Hari

BACA JUGA:Tumbuhkan Tomat dalam 5 Hari di Pekarangan Rumah Anda

Nah, berikut ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum tentang cara menanam dan merawat tanaman pohon pisang dari berbagai sumber, sebagai berikut ini:

1. Cara Menanam Pisang dengan Benar

- Pemilihan Bibit

Pilih bibit pisang yang sehat dan bebas dari penyakit. Pastikan dari bibit tersebut yang berasal dari sumber terpercaya.

- Lokasi Penanaman

Pisang membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang subur dengan drainase yang baik. Pilih lokasi yang tidak terlalu teduh dan tergenang air.

- Persiapan Tanah

Persiapkan tanah dengan baik sebelum menanam. Pastikan tanah sudah dicangkul dengan baik dan diberi pupuk kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.

- Penanaman Bibit

Kategori :