Kue Mipan, Makanan Jadul yang Sudah Langka dari Tionghoa

Jumat 19-07-2024,18:49 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Salah satu makanan yang disukai adalah kue mipan, makanan jadul asli favorit para oma opa yang merupakan jajanan berasal dari Tionghoa ini sudah langka dan sukar ditemukan,

Tentunya jajanan asli masyarakat Tionghoa ini sudah diadaptasi di Indonesia dan banyak disukai oleh para senior yaitu Oma Opa yang tentunya menjadi bagian makanan favorit mereka dengan cita rasa yang unik.

Namun, para Gen Z saat ini tentunya tidak mengetahui makanan satu ini sangat menarik dan bercita rasa tinggi. Maka dari itu mereka jarang sekali menyukai makanan tersebut.

Kue Mipan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras ketan, air khi (air dari abu batang padi), saus gula merah, dan bawang putih goreng yang menjadi ciri khasnya.

BACA JUGA:Hanya 72 Bulan, Segini Angsuran Pinjaman Rp355 Juta – Rp375 Juta di Bank Bengkulu

Ciri khas lainnya dari makanan yang merupakan jajanan pasar ini adalah terletak di Air khi yang menjadi ciri khas utama dalam hidangan ini, dan nama ‘mipan’ diambil dari bahasa Hakka yang berarti ‘kue beras’.

Dimana kue mipan ini memang terbuat dari  bahan dasar tepung beras yang digunakan dengan bentuknya yang berwarna putih dan rasanya yang kenyal membuat makin Kompleks cita rasanya.

Selain itu, harga kue mipan yang digemari oleh Oma Oppa ini bekisar dengan harga Rp8.000 untuk satu porsinya dengan loyang yang sangat kecil berbentuk bulat yang menjadi bagian dari keunikannya.

Kemudian kue mipan ini disiram dengan saus gula merah dan juga bawang putih goreng yang membuatnya makin memiliki cita rasa yang berbeda daripada makanan lain.

BACA JUGA:10 Manfaat Soda Kue untuk Berkebun, Cocok Digunakan saat Budidaya Tomat

Cita rasa yang manis ditimbulkan dari gula merah dan juga dikombinasikan dengan cita rasa yang gurih yang berasal dari bawang putihnya membuat makanan ini sangat menjadi favorit kaum senior.

Kue Mipan yang berasal dari Tionghoa ini biasanya dijual di daerah Pasar Glodok Jakarta Barat dengan menggunakan keranjang berukuran besar pedagang kue Mipan biasanya dikerumuni oleh kaum Oma Opa.

Biasanya para pedagang datang menjelang siang hari itu pada pukul 11.00 pagi untuk menjajakan dagangannya, cukup satu jam saja membuat para pedagang sudah kehabisan bahan stok makanannya.

Karena makanan legendaris ini sangat diminati oleh Oma Opa sehingga jajanan ini laris manis yang memiliki cita rasa yang unik dan juga khas membuat mereka sangat menyukai makanan ini.

BACA JUGA:Review Makanan Ala Nex Carlos, Cobain Kue Pancong di Warung Persis Samping Rel Kereta Api

Beberapa food vlogger banyak sekali yang melakukan review terhadap kue mipan ini meskipun agak aneh di lidah mereka namun mereka tetap menyukai makanan tersebut.

Ini merupakan makanan langka yang jarang sekali ditemui di tempat lain karena makanan tersebut sangat legendaris dan hanya pedagang-pedagang tertentu yang masih menjajakan kue mipan.

Salah satunya di Pasar Glodok ini masih ada pedagang yang menjajakan dagangannya tersebut sehingga sangat ramai sekali dikunjungi oleh pelanggan setianya.

Penasaran dengan rasa yang diberikan oleh kue mipan? Anda dapat mencoba makanan langka sekaligus legendaris ini di daerah Pasar Glodok Jakarta Barat.

 

Kategori :