Tips Memanen Air Nira dan Cara Benar Mengolahnya Menjadi Gula Aren

Sabtu 20-07-2024,17:20 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Terdapat banyak jenis gula yang dapat dimasak untuk keperluan sehari-hari, dimana salah satunya adalah gula aren. 

Gula aren adalah gula yang terbuat dari air nira, cara membuat gula aren pun memang terbilang cukup rumit, karena proses pembuatannya harus menyadap bunga nira terlebih dahulu atau disebut nderes.

Adapun istilah dari nderes sendiri yaitu dengan cara memotong bunga pohon nira atau manggar yang masih kuncup dan tertutup pelepah muda pada bunga nira, yaitu dengan potongan pertama sekitar satu jengkal dari ujung manggarnya.

Setelah manggar selesai dipotong, kemudian tetesan air nira tersebut akan ditampung dengan menggunakan botol bekas air mineral, atau bisa juga dengan menggunakan bambu yang telah dibuat wadah yang menyerupai botol yang biasa disebut dengan pongkor.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Ruangan atau Kamar Panas Akibat Sinar Matahari yang Terpapar Langsung

BACA JUGA:Siapkan 2.000 Tiket Gratis, Pemprov Bengkulu Fasilitasi Nobar Film Pahlawan Nasional

Nah, kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara memanen air nira dan mengolah air nira menjadi gula aren yang benar.

1. Cara Memanen Air Nira yang Benar

- Pemilihan Pohon Aren

Pilih pohon aren yang sudah cukup matang, biasanya berusia minimal 5 tahun, untuk memastikan nira yang dihasilkan cukup manis.

- Persiapan Alat

Siapkan alat untuk memanen seperti bambu atau pipa nipah untuk mengumpulkan nira. Pastikan alat yang digunakan bersih untuk menghindari kontaminasi.

- Teknik Penyadapan

Lakukan penyadapan nira dengan memotong tangkai bunga (pangkal bunga) pohon aren secara miring. Biasanya dilakukan pada pagi hari ketika nira mengalir lebih baik. 

- Penampungan Nira

Kategori :