4 Hewan Ini Diketahui Miliki Manfaat untuk Perkebunan Kelapa Sawit

Rabu 24-07-2024,12:35 WIB
Reporter : Hendri Saputra
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Hewan-hewan yang ada di perkebunan sawit memberikan berbagai manfaat, baik dari segi ekologi ataupun ekonomi. 

Seperti sebagai pengendalian hama alami, yang membantu mengendalikan populasi tikus, yang merupakan hama utama di perkebunan sawit. 

Dengan mengurangi populasi tikus, kerusakan tanaman dapat diminimalisir tanpa perlu menggunakan pestisida kimia.

Selain itu, ada juga beberapa jenis serangga pemangsa seperti kumbang dan laba-laba juga membantu mengendalikan hama kecil lainnya.

BACA JUGA:Pupuk Dolomit, Fungsi dan Cara Pemberiannya yang Aman dan Efektif untuk Peningkatan Produktivitas Kelapa Sawit

BACA JUGA:Sering Dianggap Gulma! Ternyata Tanaman Pakis Ini Bermanfaat untuk Kelapa Sawit

Ada juga yang memainkan peran penting dalam penyerbukan bunga sawit. 

Penyerbukan yang efektif akan meningkatkan produksi buah sawit, yang berkontribusi pada hasil panen yang lebih tinggi dan berkualitas.

Kehadiran berbagai hewan di perkebunan sawit membantu mempertahankan dan meningkatkan keanekaragaman hayati. 

Dimana Keanekaragaman hayati yang tinggi mendukung ekosistem yang lebih stabil dan resilient terhadap perubahan lingkungan dan serangan hama.

BACA JUGA:Cara Mudah Pengolahan Pelepah Kelapa Sawit Jadi Pakan Ternak

BACA JUGA:Limbah Ampas Sawit Ternyata Bisa Diolah Jadi Pupuk, Ini Segudang Manfaatnya untuk Tanaman

Dengan adanya predator alami dan penyerbuk, kebutuhan akan pestisida kimia dan intervensi manusia dalam proses penyerbukan berkurang. 

Sehingga hal ini tidak hanya mengurangi biaya produksi, tetapi juga mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Secara keseluruhan, kehadiran hewan di perkebunan sawit memberikan banyak manfaat yang berkontribusi pada pengelolaan kebun yang lebih berkelanjutan, efisien, dan ramah lingkungan.

Kategori :