Ini 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget, Termasuk Mengikuti Kebiasaan Orangtua

Sabtu 27-07-2024,13:13 WIB
Reporter : Rizky Nova Amelia
Editor : Heri Aprizal

Penyebab Anak Kecanduan Gadget

1. Kurangnya Pengawasan Dari Orangtua

Yang menjadi penyebab anak kecanduan gadget pertama dan paling sering terjadi adalah karena kurangnya pengawasan dari orangtua.

BACA JUGA:Anak Terlalu Banyak Bermain Gadget dapat Menyebabkan Speech Delay, Intip Penyebab Lainnya 

Bahkan, tidak sedikit orangtua yang menggunakan gadget sebagai cara dan juga jalan keluar untuk dapat menyibukkan dan mengalihkan perhatian anak jika orang tua memiliki kesibukan lain. 

Kondisi yang seperti inilah yang menjadikan penggunaan gadget menjadi tidak terpantau oleh orang tua sehingga anak akan menggunakan gadget secara berlebih dan membuat mereka kecanduan. 

2. Melihat Kebiasaan Orang Tua

Seperti diketahui, orang tua merupakan teladan bagi anak sehingga perilaku orang tua juga akan ditiru oleh anaknya, termasuk dalam hal penggunaan gadget.

Jika anak dalam kesehariannya lebih sering melihat orang tua bermain gadget, maka mereka pun lama kelamaan akan mencontoh berperilaku tersebut dan menganggap itu hal yang boleh dilakukan. 

Oleh sebab itu, mulai saat ini sebaiknya kamu sebagai orang tua mencontohkan hal-hal yang baik karena jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan anak menjadi kecanduan gadget. 

BACA JUGA:9 Manfaat Pramuka untuk Anak, Termasuk Membantu Anak Lepas dari Gadget

3. Merasakan Kepuasan Instan

Penyebab lainnya yang menyebabkan anak kecanduan gadget adalah karena timbulnya rasa kepuasaan instan yang mereka rasakan dengan sekali sentuhan layar. 

Hanya melalui gadget mereka dapat menikmati beragam informasi, hiburan, hingga permainan yang mereka inginkan.

Yang pada ada akhirnya hal ini dapat menimbulkan efek ketagihan. 

4. Pengganti Aktivitas Fisik

Kategori :