5 Warung Kopi Legendaris di Indonesia yang Masih Eksis hingga Sekarang

Selasa 06-08-2024,09:30 WIB
Reporter : Hellen Yuliana
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM   - Terdapat 5 warung kopi legendaris yang berada di seluruh pelosok negeri di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini, mereka masih meracik dengan cita rasa yang sama.

Bisnis di dunia kuliner khususnya warung kopi ataupun coffee shop tidak ada matinya dan juga menjamur di seluruh pelosok negeri karena memiliki potensi yang luar biasa.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling menjanjikan namun memiliki banyak sekali risikonya kalau tidak tahan dengan dinamika yang terjadi di bisnis kuliner.

Namun, berbeda dengan 5 warung kopi legendaris di Indonesia ini, mereka walaupun sudah beberapa abad namun tetap eksis menjalankan bisnis mereka hingga saat ini.

BACA JUGA:Usia Harapan Hidup Kucing dan Anjing di Indonesia di Bawah 6 Tahun, Menurut Studi Royal Canin

BACA JUGA:Sempat Menyentuh Harga Rp70.000, Kini Harga Kopi Super Merosot Jadi Rp56.000

Begini 5 warung kopi legendaris yang ada di pelosok negeri Indonesia yang dapat Anda ketahui, tentunya keeksisan mereka menjadi tanda bahwa bisnis ini menjanjikan.

1. Es kopi Tak Kie

Es kopi tak kie merupakan warung kopi legendaris salah satunya yang berdiri tahun 1927 berada di Jakarta yang tersembunyi dalam himpitan toko-toko lainnya.

Meskipun berada di gang sempit yang bernama Gang Gloria yang berada di Jakarta Barat ,namun mereka tetap eksis sampai saat ini dengan menyediakan kopi robusta dan arabika.

Selain itu, mereka juga mempunyai menu andalan yang disebut dengan es kopi susu banyak pengunjung yang datang pada pagi hari atau siang lantaran pada sore hari warung kopi ini sudah tutup.

BACA JUGA:Sosialisasi UU Desa, Gubernur Rohidin Tekankan Pentingnya BPJS Kesehatan

BACA JUGA:Sutradara Pee Mak dari Thailand Beri Pujian untuk Film Adaptasi Kang Mak From Pee Mak

Hebatnya sampai detik ini es kopi tak kie masih tetap eksis dan menjadi salah satu warung kopi legendaris yang ada di Indonesia. Penasaran silakan coba sendiri. 

2. Warung kopi asiang

Salah satu warung kopi yang legendaris di Indonesia adalah Warung Kopi asiang yang berdiri sejak 1958, tentunya ini bukan waktu yang sebentar dalam bisnis kopi tersebut.

Warung kopi ini terletak di Pontianak yang terkenal sekali dengan baristanya sekalian pemilik dari kopi tersebut Yohanes Fendi alias Asiang.

Ada yang unik dalam pengerjaan meracik kopi tradisional tersebut, Asiang setiap hari selalu meracik dengan bertelanjang dada menu yang mereka andalkan adalah kopi hitam atau kopi susu.

BACA JUGA:Penyelundupan Ganja Thailand Oleh Sindikat Narkotika Internasional Digagalkan BNN dan Bea Cukai

BACA JUGA:570 PPPK Pemprov Bengkulu Terima SK Pengangkatan dengan Haru dan Bangga

Dengan cara teknik yang berbeda dengan yang lain Asiang melakukan teknik seduh yang ditarik dari atas menggunakan kopi borusta yang berasal dari Kalimantan.

3. Warung kopi Ake

Salah satu warung kopi legendaris yang berdiri tahun 1921 disebut dengan warung kopi ake yang berada di Bangka Belitung, meskipun sederhana namun memiliki cita rasa kopi yang luar biasa.

Selain itu, lokasinya berada di cafe Senang Tanjung Pandan Belitung Barat yang tidak pernah sepi oleh pengunjungnya yang awalnya merupakan tempat para pekerja tambang timah.

Dari zaman penjajahan, warung kopi ake ini dijadikan sebagai tempat berkumpul kolonial Belanda dan juga orang kaya Cina untuk menikmati secangkir kopi di sana.

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Luapkan Keprihatinan Terhadap Dugaan Pungli oleh Oknum Dokter di RSUD, Ini Tindak Lanjutnya

BACA JUGA:Makna Kucing Tiba-tiba Mendekat, Bisa Jadi Membawa Pesan Penting

4. Warung kopi Nan Yo

Salah satu warung kopi yang tetap eksis di Indonesia sampai saat ini berada di Kota Padang di Jalan Niaga, sejak tahun 1932 sekarang dikelola oleh generasi ketiganya.

Namun ada yang unik dalam nuansa warung kopi tersebut karena mereka tetap mempertahankan nuansa tempo dulu, kopi andalan mereka adalah kopi Sidikalang yang memiliki aroma wangi sekali.

Inilah yang menjadi ciri khas dari mereka sampai saat ini tetap dipertahankan oleh generasi ketiganya dalam meracik kopi paling nikmat di warung kopi Nan yo.

5. Kedai kopi apek

Salah satu warung kopi yang tetap eksis hingga saat ini yang berdiri sejak 1923 yaitu kedai kopi ape yang berada di Medan, pengunjungnya sangat menyukai cita rasa dari kopi tersebut.

BACA JUGA:Makna Kucing Tiba-tiba Mendekat, Bisa Jadi Membawa Pesan Penting

BACA JUGA:Gurih dan Pedas Mantul! Resep Sayap Ayam Goreng Ala Chef Rudy Choirudin Ini Cocok untuk Bekal Anak

Mereka meracik kopi yaitu kopi Sidikalang, para pengunjung selalu memesan kopi tersebut dengan dicampur susu dan es yang tentunya sangat nikmat sekali.

Itulah 5 warung kopi yang tentunya sampai saat ini berada di Indonesia selalu eksis tidak pernah lekang oleh zaman, cita rasa mereka tetap bertahan sampai saat ini.

 

Kategori :