Tak Hanya Mencegah Kejahatan, Ternyata Ini 6 Manfaat Tersembunyi Penggunaan CCTV

Kamis 08-08-2024,11:16 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - CCTV (Closed-Circuit Television) adalah sistem pemantauan video yang digunakan untuk mengawasi dan merekam aktivitas di suatu ruangan atau area.

Dimana sistem CCTV ini terdiri dari kamera yang menangkap gambar dan video, perangkat perekam yang menyimpan rekaman, serta monitor yang menampilkan video secara langsung.

Berbeda dengan televisi biasa yang menyiarkan ke publik, CCTV akan mengirimkan sinyal secara tertutup dan terbatas hanya kepada pengguna yang memiliki akses ke sistem tersebut dan CCTV juga sering digunakan untuk tujuan keamanan, pengawasan, dan manajemen.

Manfaat Menggunakan CCTV (Closed-Circuit Television)

1. Pencegahan Kejahatan: Kamera yang terlihat dapat mencegah tindak kejahatan karena potensi pelanggar merasa akan diawasi.

BACA JUGA:8 Cara Mengendalikan Hama dan Penyakit pada Kebun Kelapa Sawit Saat Musim Kemarau

BACA JUGA:5 Zodiak yang Terkenal Paling Pemarah dan Tak Pandai Menyimpan Emosi, Hati-hati dengan Mereka!

2. Rekaman Bukti: CCTV tentnya akan menyimpan rekaman yang bisa digunakan sebagai barang bukti dalam kasus hukum atau investigasi.


Tak Hanya Mencegah Kejahatan, Ternyata Ini 6 Manfaat Tersembunyi Penggunaan CCTV--Instagram.com/ camcintroltech

3. Pemantauan Jarak Jauh: CCTV memungkinkan untuk pemantauan dan pengawasan dari lokasi yang berbeda yaitu seperti menggunakan perangkat seperti smartphone atau komputer.

4. Keamanan 24/7: CCTV akan memberikan pengawasan terus-menerus, baik siang maupun di malam hari, dengan bantuan teknologi inframerah demi untuk pencahayaan yang rendah.

5. Peningkatan Efisiensi Operasional: CCTV akan memudahkan pengawasan terhadap kegiatan di tempat kerja, seperti memonitor kinerja karyawan dan proses produksi.

6. Respon Cepat terhadap Insiden: CCTV memungkinkan tanggapan cepat terhadap situasi darurat atau aktivitas mencurigakan berkat akses real-time.

BACA JUGA:8 Cara Melakukan Perawatan Kebun Kelapa Sawit di Musim Kemarau, Lakukan dengan Benar Agar Tetap Menghasilkan

BACA JUGA:Biaya Pengobatan 2 Korban Penganiayaan Ditanggung Dinkes Seluma

Kategori :