Thibaut Courtois Absen dari Timnas Belgia untuk Piala Eropa 2024

Jumat 23-08-2024,20:59 WIB
Reporter : Reynov Yeheskiel Girsang
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM – Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois, tidak akan masuk dalam skuad tim nasional Belgia untuk Piala Eropa 2024 mendatang.

Keputusan ini disebabkan oleh cedera lutut yang telah membuatnya absen sejak Agustus lalu dan mengalami pemulihan yang panjang.

Courtois mengalami cedera ligamen ikat pada lutut kirinya, yang memerlukan waktu pemulihan lama dan diperkirakan akan membuatnya tidak bermain lagi untuk Real Madrid pada sisa musim ini.

Selain masalah cedera, Courtois juga terlibat perselisihan dengan pelatih timnas Belgia, Domenico Tedesco, yang semakin memperburuk situasi.

BACA JUGA:KPU Gelar Rakor Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong, Pendaftaran 4 Hari Lagi

BACA JUGA:ASUS ROG Zephyrus G16: Laptop Gaming Multifungsi dengan Performa Unggul

Perselisihan ini dimulai setelah Courtois tidak dipanggil ke timnas Belgia untuk laga kualifikasi Euro 2024 melawan Estonia pada Juni 2023. Courtois menyampaikan keputusan tersebut melalui akun media sosialnya pada Jumat.

"Saya merasa terhormat bisa mengenakan seragam tim nasional. Bahkan saya tidak pernah terbayangkan bisa mengenakannya lebih dari 100 kali. Dalam hal ini, saya juga ikut bertanggung jawab. Namun, kurangnya kepercayaan saya kepada Tedesco tidak akan mengganggu atmosfer di timnas Belgia." ujar Courtois dikutip antaranews.com.

Courtois juga menyebutkan bahwa Asosiasi Sepak Bola Belgia telah menerima keputusan tersebut dengan baik dan memahami alasannya.

Meski menyesal karena tidak bisa memenuhi harapan para penggemar, Courtois yakin bahwa keputusan ini adalah yang terbaik untuk Belgia.

BACA JUGA:Khirdes Nahkodai Koni Rejang Lebong 2024 - 2028, Jalin Kemitraan dan Tingkatkan Prestasi Olahraga

BACA JUGA:8 Dampak yang Ditimbulkan oleh Fenomena La Nina, Diantaranya Kekeringan dan Krisis Air

"Saya menyesal dan mengecewakan beberapa penggemar saya, akan tetapi saya yakin bahwa ini adalah tindakan terbaik bagi Belgia, karena ini menutup perdebatan dan memungkinkan tim untuk fokus mengejar tujuannya," ungkap Courtois.

Sejak debutnya pada tahun 2011, Courtois telah mencatatkan 102 penampilan untuk timnas Belgia.

Pada Desember lalu, Courtois mengungkapkan bahwa ia telah menyerah untuk bermain di Piala Eropa tahun ini karena cedera lutut yang memerlukan waktu pemulihan yang cukup lama.

Dengan absennya Courtois, pelatih Tedesco harus mencari pengganti yang tepat untuk posisi kiper utama.

BACA JUGA:Tulang Belulang Berbungkus Kain Putih Hebohkan Kecamatan Pinang Belapis Lebong

BACA JUGA:PWI Pusat Kutuk Dugaan Aksi Boikot Porwanas oleh Oknum Pengurus PWI Provinsi yang Dibekukan

Tiga kandidat yang dipertimbangkan adalah Koen Casteels (VfL Wolfsburg), Thomas Kaminski (Luton Town), dan Matz Sels (Nottingham Forest).

Tedesco menegaskan bahwa Courtois telah mengizinkan staf kepelatihan untuk mempersiapkan opsi-opsi lain.

"Kami fokus pada pemain-pemain yang berada dalam kondisi prima," ujar Tedesco.

Belgia akan berlaga di Piala Eropa 2024 yang akan diselenggarakan di Jerman dari 14 Juni hingga 14 Juli. Belgia tergabung di Grup E bersama Slovakia, Rumania, dan Ukraina.

BACA JUGA:Simak di Sini, Apa Saja Keunggulan Sepeda Motor Honda ADV 160

BACA JUGA:Resep Tumis Kangkung Pedas Terasi ala Chef Devina Hermawan, Rasa Restoran Mahal

Sebelum menuju Jerman, timnas Belgia akan menjalani laga persahabatan melawan Montenegro pada 5 Juni dan Luksemburg pada 8 Juni untuk mengukur kemampuan dan kesiapan skuad.

Berikut adalah daftar skuad Belgia untuk Euro 2024:

Kiper: Koen Casteels (VfL Wolfsburg), Thomas Kaminski (Luton Town), Matz Sels (Nottingham Forest)  

Belakang: Timothy Castagne (Fulham), Maxim De Cuyper (Club Brugge), Zeno Debast (Anderlecht), Wout Faes (Leicester City), Thomas Meunier (Trabzonspor), Jan Vertonghen (Anderlecht), Arthur Theate (Stade Rennais), Axel Witsel (Atletico Madrid)  

BACA JUGA:Gerindra Resmi Berikan B1 KWK Ke Paslon Helmi Hasan dan Mian di Pilgub Bengkulu 2024

BACA JUGA:Tempo Sehari, 3 Kali Terjadi Kebakaran di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu

Gelandang: Yannick Carrasco (Al Shabab), Kevin De Bruyne (Manchester City), Orel Mangala (Olympique Lyonnais), Amadou Onana (Everton), Youri Tielemans (Aston Villa), Arthur Vermeeren (Atletico Madrid), Aster Vranckx (VfL Wolfsburg)  

Depan: Johan Bakayoko (PSV Eindhoven), Charles De Ketelaere (Atalanta), Jeremy Doku (Manchester City), Romelu Lukaku (Roma), Dodi Lukebakio (Sevilla), Lois Openda (RB Leipzig), Leandro Trossard (Arsenal)

 

Kategori :