5 Jenis Ubur-ubur Beracun dan Dampaknya Bila Menyengat

Minggu 25-08-2024,16:06 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Ubur-ubur adalah makhluk laut yang dikenal karena kemampuannya menyengat, dan beberapa spesiesnya bisa sangat berbahaya bagi manusia.

Ubur-ubur beracun memiliki sel penyengat (nematocyst) yang dapat menyuntikkan racun ke dalam kulit manusia atau hewan lain saat terjadi kontak.

Racun ini dapat menimbulkan berbagai efek, mulai dari rasa sakit ringan hingga reaksi yang sangat parah dan berbahaya.

Berikut adalah 5 jenis ubur-ubur beracun yang perlu Anda ketahui, beserta informasi mengenai karakteristik dan dampak sengatannya.

BACA JUGA:Dapat Pendampingan, Pelaku Pembacokan Anggota Polisi Siap Hadapi Konsekuensi Hukum

BACA JUGA:Gak Ada Otak! Ayah di Kaur Tega Setubuhi Putri Kandung Selama 11 Tahun, Begini Kasusnya Bisa Terungkap

1. Ubur-Ubur Kotak (Box Jellyfish)

Ciri-ciri:

Memiliki tubuh berbentuk kotak atau prisma dengan empat sudut. Memiliki tentakel panjang yang terhubung pada setiap sudut tubuhnya. Tentakel ini berisi sel-sel penyengat yang sangat beracun.

Dampak Sengatan:

Gejala: Sengatan ubur-ubur kotak dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat parah, mual, muntah, kesulitan bernafas, dan bahkan kematian dalam kasus yang parah. Racunnya dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan gangguan jantung.

Penanganan: Memerlukan perhatian medis segera. Cuka dapat digunakan untuk menetralkan racun, dan penanganan darurat biasanya melibatkan resusitasi jantung paru (CPR) dan obat-obatan.

2. Ubur-Ubur Portugis (Portuguese Man o' War)

Ciri-ciri:

Memiliki tubuh seperti pelampung yang berbentuk seperti balon dengan warna ungu atau biru, serta tentakel panjang yang menggantung di bawahnya. Tentakel berisi racun yang sangat menyengat.

Kategori :