Elite Global, BlackRock Jadi Penguasa Uang Dunia

Selasa 27-08-2024,22:49 WIB
Reporter : Dian Artika
Editor : Heri Aprizal

BlackRock sudah didirikan sejak tahun 1988 silam. Di bawah kepemimpinan Larry Fink dengan hebatnya perusahaan ini hanya membutuhkan waktu selama 30 tahun untuk menguasai sistem finansial dunia dan menjadi kekuatan global dalam berbagai industri.

BACA JUGA:Distankan Rejang Lebong Gelar Vaksinasi Massal untuk Cegah Rabies di Tengah Peningkatan Kasus Gigitan

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Coret 12.920 Penerima Bansos, Hemat Rp 31 Miliar

Pada awal merintis, BlackRock hanya fokus sebagai investor individual, namun saat ini sudah berkembang menjadi auditor dan advisor dibanyak perusahaan dunia.

Kepandaian BlackRock dalam menganalisis pasar sangat diacungi jempol, perusahaan ini tahu kapan harus menembus market baru, jadi tidak heran jika nilai aset investasi BlackRock saat ini mencapai $9 triliun USD.

Itu semua dikarenaksn strategi dalam berinvestasi yang dilakukan dengan sangat hati hati, strategi ekspansi yang cerdik dan penuh dengan ketelitian yang tinggi pada performa perusahaan, pendirinya, sektor dan peluang industri tersebut di masa depan.

Presiden perusahaan BlackRock Rob Kapito, bertugas untuk bertanggung jawab untuk memastikan perkembangan perusahan manajemen investasi ini dan mengatur strategi investasi dimana perusahaan yang layak untuk diberikan suntikan dana. 

BACA JUGA:PDI Perjuangan Resmi Dukung Pasangan Teddy-Gustianto dalam Pilkada Seluma 2024, Sudah Serahkan B1 KWK

BACA JUGA:Pasangan Gusnan-Paman Ii Resmi Daftar Pilbup Bengkulu Selatan dengan Atribut Tradisional Serindak

Sebagai contoh di Indonesia, BlackRock juga sudah banyak menginvestasikan saham ke beberapa startup seperti Gojek, Tokopedia dan banyak tambang Batu Bara.

Pada tahun 2020 pada masa covid-19, perusahaan ini mengalami kenaikan saham dikarenakan investasi nya dalam industri kesehatan seperti obat-obatan dan vaksin Covid-19.

Mundur pada tahun 2012, BlackRock mengakuisisi Barclays Global Investors, yang mana saat itu merupakan manajer aset terbesar di dunia.

Akuisisi ini tentu dapat meningkatkan jumlah Asset Under Management (AUM) BlackROck dengan sangat signifikan, serta memposisikan BlackRock sebagai pemimpin global dalam industri manajemen investasi.

BACA JUGA:BPBD Mukomuko Minta Warga Waspadai Gempa Megatrust

BACA JUGA:Mukomuko Koordinasi dengan PJN untuk Atasi Jalan Putus Akibat Banjir

Selain menginvestasikan saham ke perusahaan terbuka, BlackRock juga meningkatkan presensi mereka pada private equity atau perusahaan privat. 

Kategori :