6 Manfaat Pemangkasan Anakan pada Pisang Kepok untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Buah

Kamis 29-08-2024,10:51 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Pemangkasan anakan pada tanaman pisang kepok melibatkan pemotongan atau penghilangan tunas yang tumbuh dari pangkal atau sekitar tanaman utama.

Tujuan dari pemangkasan ini adalah untuk mengelola pertumbuhan tanaman, meningkatkan kualitas buah, dan memastikan efisiensi dalam budidaya pisang kepok.

Anakan adalah tunas yang muncul dari pangkal tanaman utama dan dapat tumbuh menjadi tanaman baru jika tidak dikendalikan.

Dengan memangkas anakan, tanaman pisang kepok dapat tumbuh lebih optimal, menghasilkan buah berkualitas tinggi, serta mempermudah perawatan dan panen.

BACA JUGA:Puluhan Pelamar CPNS di Bengkulu Gagal Lolos Seleksi, BKD Imbau Pendaftar Lebih Teliti

BACA JUGA:Warga Lingkar Barat Dibacok Sekelompok Orang Tak Dikenal, Korban Alami 25 Jahitan

Berikut adalah beberapa manfaat penting dari pemangkasan anakan pada pisang kepok, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Buah

Dengan memangkas anakan yang berlebihan,pada tanaman pisang kepok tentu dapat mengalokasikan lebih banyak nutrisi dan energi demi untuk buah yang utama.

BACA JUGA:Hama dan Penyakit Lebih Terkendali, Ini 8 Keunggulan Budidaya Belut Menggunakan Kolam Lumpur

BACA JUGA:7 Cara Budidaya Belut dalam Drum Plastik Supaya Hasil Maksimal

Hal ini tentu dapat meningkatkan ukuran dan kualitas buah yang dihasilkan, pemangkasan anakan dapat membantu tanaman supaya fokus pada pertumbuhan dan pematangan buah utama, sehingga dapat memperbaiki hasil panen dan kualitas buah.

2. Meningkatkan Ventilasi dan Sinar Matahari

Pemangkasan anakan juga memungkinkan lebih banyak udara untuk mengalir di sekitar tanaman, yang mengurangi kelembaban di bawah kanopi tanaman, hal ini akan mengurangi risiko penyakit jamur dan pembusukan.

Dengan cara mengurangi jumlah anakan, maka lebih banyak cahaya matahari dapat mencapai buah dan bagian bawah tanaman, yang penting untuk fotosintesis dan kesehatan tanaman.

3. Meningkatkan Manajemen Ruang

Memangkas anakan tentu dapat mencegah tanaman pisang kepok menjadi terlalu padat, yang dapat menghambat pertumbuhan dan mengurangi efisiensi penggunaan ruang.

Dengan cara mengurangi jumlah anakan untuk pemeliharaan yaitu seperti penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama menjadi lebih mudah dan efisien.

BACA JUGA:7 Cara Budidaya Belut di Kolam Beton Supaya Hasil Maksimal dan Panen Berlimpah

BACA JUGA:6 Cara Budidaya Belut Supaya Hasil Maksimal, Mulai dengan Persiapan Tempat untuk Bibit

4. Memudahkan Panen

Memangkas anakan yaitu untuk mengurangi kerumitan pada saat pemanenan, karena ruang yang lebih terbuka akan dapat memudahkan akses ke buah pisang kepok yang sudah matang.

Kategori :