7 Manfaat Memangkas Daun Pisang Kepok yang Sudah Mati

Jumat 30-08-2024,08:16 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Memangkas daun pisang kepok yang mati memiliki manfaat penting untuk kesehatan tanaman dan pengelolaan kebun.

Pisang kepok, salah satu varietas yang banyak dibudidayakan di Indonesia, memerlukan pemangkasan rutin untuk menjaga produktivitas.

Berikut adalah 7 manfaat utama dari pemangkasan daun pisang kepok yang mati, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber.

1. Mencegah Penyebaran Penyakit dan Hama

Daun yang sudah mati atau rusak dapat menjadi tempat berkembang biaknya patogen, jamur, dan hama seperti kutu daun dan ulat, dengan memangkas daun-daun ini, Anda mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit dan hama ke bagian tanaman yang masih sehat.

BACA JUGA:7 Shio yang Bakal Ngalamin Sedih di Tahun Ular Kayu 2025 & Tips Biar Tetap Happy!

BACA JUGA:Butuh Dana Rp15 Juta – Rp35 Juta, Simak Angsuran di Bank Bengkulu Tenor 13 Tahun

2. Meningkatkan Kualitas Udara dan Cahaya

Daun yang mati atau kering dapat menghalangi cahaya matahari dan sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh bagian tanaman yang sehat, dengan memangkas daun-daun tersebut.

Anda meningkatkan penetrasi cahaya matahari dan aliran udara ke dalam kanopi tanaman, yang mendukung fotosintesis yang lebih efisien dan mengurangi kelembapan berlebih yang bisa memicu masalah jamur.

3. Mengurangi Persaingan Nutrisi

Daun mati atau rusak yang tidak dipangkas dapat tetap menyerap nutrisi dari tanah dan menghalangi pertumbuhan daun dan buah yang sehat.

Dengan memangkas daun-daun yang tidak produktif ini, Anda memastikan bahwa nutrisi tanah digunakan secara optimal oleh bagian tanaman yang masih aktif dan produktif.

BACA JUGA:Hama dan Penyakit Lebih Terkendali, Ini 8 Keunggulan Budidaya Belut Menggunakan Kolam Lumpur

BACA JUGA:7 Cara Budidaya Belut dalam Drum Plastik Supaya Hasil Maksimal

Kategori :