Tak Cuma Mendukung Fungsi Ginjal, Ini 7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Jumat 06-09-2024,13:59 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM – Mengonsumsi buah pisang secara rutin menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan.

Buah pisang, yang sering dinikmati sebagai camilan, bahan tambahan dalam smoothie, oatmeal, atau berbagai resep makanan lainnya, merupakan sumber nutrisi penting.

Buah pisang mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat yang memberikan energi.

Berikut ini adalah 7 manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah pisang secara rutin, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com:

BACA JUGA:Tahun Ular Kayu 2025: Shio yang Harus Mulai Investasi Kesehatan Mental

BACA JUGA:Habib Ja'far Ungkap Tokoh Agama yang Dikaguminya, Paus Fransiskus dan Mahatma Gandhi

1. Sumber Energi Cepat

Buah pisang kaya akan karbohidrat yang mudah dicerna, termasuk gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Karbohidrat ini cepat diserap tubuh dan memberikan dorongan energi yang bermanfaat untuk aktivitas sehari-hari dan pemulihan setelah olahraga.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Pisang mengandung serat, seperti pektin, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat ini memperlancar pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagai sumber kalium, pisang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:6 Manfaat Rutin Mengonsumsi Daun Pepaya untuk Kesehatan Anda

BACA JUGA:Viral, Wahana Tirta Amirta di Kota Bengkulu Akan Segera Launching Akhir Tahun Ini, Lokasinya di Sini

4. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Kualitas Tidur

Pisang mengandung triptofan, asam amino yang berperan dalam produksi serotonin dan melatonin. Serotonin dapat meningkatkan suasana hati, sedangkan melatonin membantu mengatur siklus tidur, membuat tidur lebih nyenyak.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A, pisang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan mendukung regenerasi sel kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

6. Mendukung Fungsi Ginjal yang Sehat

Kalium dalam pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mengurangi beban kerja ginjal, penting untuk fungsi ginjal yang optimal dan pencegahan batu ginjal.

BACA JUGA:ASN Bengkulu Utara Diperiksa Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas Pemilu, Inspektorat Akan Bentuk Tim

BACA JUGA:Warga Gading Cempaka Rugi Rp132 Juta, Mobil Dibawa Kabur Calon Pembeli

7. Meningkatkan Kesehatan Mental

Vitamin B6 dalam pisang membantu memproduksi neurotransmiter penting seperti serotonin, yang dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan mental secara keseluruhan.

8. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Kandungan serat dalam pisang memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah makan berlebihan, sehingga bermanfaat untuk pengelolaan berat badan yang sehat.

Dengan rutin mengonsumsi buah pisang, Anda dapat memanfaatkan berbagai manfaat kesehatan ini dan mendukung kesejahteraan tubuh secara menyeluruh.

Kategori :