Terkuak! Ternyata Ini 10 Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat Membandel

Senin 09-09-2024,14:55 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM – Jerawat adalah kondisi kulit yang umum, ditandai dengan munculnya benjolan kecil, kemerahan, atau nanah di permukaan kulit.

Jerawat biasanya muncul di wajah, punggung, dada, dan bahu, dan terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak (sebum), sel-sel kulit mati, serta bakteri.

Untuk mencegah dan mengatasi jerawat yang membandel, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang mencakup perawatan kulit, perubahan gaya hidup, dan kebiasaan yang mendukung kesehatan kulit.

Berikut adalah tips dan cara yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Bawa Pulang Honda CB150X dengan DP Hanya Rp3,5 Juta! Temukan Kelebihan Motor Sport Ini

BACA JUGA:Bawa Pulang Honda All New CBR150R dengan Hanya Bayar Rp5,3 Juta, Berikut Kelebihan Motor Sport yang Satu Ini

1. Rutin Membersihkan Wajah

Cuci wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini membantu menghilangkan kotoran, minyak dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Produk Perawatan yang Sesuai

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide atau retinoid yang dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat. Hindari produk yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Hindari Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor dapat mentransfer bakteri dan minyak ke kulit dan memperburuk jerawat. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda dan selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah.

4. Gunakan Produk Non-Komedogenik

Pilih kosmetik dan produk perawatan kulit yang non-komedogenik yaitu yang tidak menyumbat pori-pori. Ini penting untuk mencegah pembentukan jerawat baru.

BACA JUGA:9 Manfaat Mengonsumsi Beras Merah untuk Kesehatan, Termasuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

BACA JUGA:Mengenal Telok Ukan, Makanan Tradisional Sumatera Selatan yang Hampir Punah

5. Jaga Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Kurangi makanan tinggi gula dan lemak jenuh,yang dapat memicu peradangan dan jerawat, sertakan buah, sayuran dan protein dalam diet Anda.

6. Hidrasi yang Cukup

Minum cukup air setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh, hidrasi yang baik juga mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

7. Hindari Stres Berlebih

Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan meningkatkan produksi minyak di kulit yang dapat memicu jerawat. Cobalah teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga atau olahraga teratur.

8. Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pori-pori. Gunakan scrub lembut atau produk eksfoliasi kimiawi dengan hati-hati, idealnya satu atau dua kali seminggu.

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok yang Wajib Kamu Tahu!

BACA JUGA:Shio Paling Beruntung di Tahun 2025: Sukses Finansial dan Harmonis dalam Hubungan

9. Jaga Kualitas Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas mendukung regenerasi kulit dan keseimbangan hormon, usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.

10. Konsultasikan dengan Dokter atau Dermatologis

Jika jerawat tetap membandel atau parah meski sudah melakukan perawatan di rumah, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter atau dermatologis. Mereka dapat merekomendasikan perawatan yang lebih intensif, seperti obat resep atau terapi khusus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka Anda dapat mencegah jerawat yang membandel dan menjaga kesehatan kulit Anda.

 

Kategori :