Penjabat Wali Kota Bengkulu: PPPK Dapat Ikut Tes CPNS Tanpa Mengundurkan Diri

Senin 09-09-2024,17:56 WIB
Reporter : Heri Aprizal
Editor : Heri Aprizal

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Penjabat Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, mendukung Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu untuk mengikuti pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tanpa harus mengundurkan diri.

Kebijakan ini sesuai dengan aturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Nomor 6 tahun 2024 tentang pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024.

"Dengan adanya kebijakan ini, PPPK dapat memiliki kesempatan besar untuk menjadi PNS," ujar Penjabat Wali Kota Bengkulu dikutip antaranews.com, Senin, 9 September 2024.

Ia menjelaskan bahwa dengan regulasi tersebut, PPPK yang mengikuti tes CPNS tidak akan kehilangan pekerjaannya jika tidak lolos seleksi tes.

BACA JUGA:Hujan Lebat Sebabkan Banjir di Dua Kelurahan, Ini Daerah Langganannya

BACA JUGA:KPU Rejang Lebong Rekrut 3.115 KPPS untuk Pilkada Serentak 2024

Namun, jika PPPK tersebut dinyatakan lolos pada seleksi CPNS, maka dapat mengundurkan diri dari statusnya sebagai PPPK.

Untuk itu, para pelamar harus memenuhi sejumlah persyaratan, seperti minimal telah mengabdi menjadi PPPK selama satu tahun dan harus mendapat izin dari pejabat pembina kepegawaian (PPK).

PPPK yang mengikuti seleksi CPNS harus mengajukan izin kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat bekerja berupa surat permohonan izin mengajukan pendaftaran seleksi CPNS.

Oleh karena itu, Penjabat Wali Kota Bengkulu mengimbau kepada PPPK Kota Bengkulu yang mengikuti seleksi CPNS agar segera mengurus dan melengkapi syarat mengingat waktu pendaftaran terbatas.

BACA JUGA:INFOGRAFIS: Palapa S-1 Pendeteksi Karhutla Buatan Indonesia

BACA JUGA:Makin Percaya Diri, Ini 6 Kebiasaan yang Menjadikan Kamu Tampak Ganteng

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bengkulu telah menerima alokasi kuota CPNS dari Kemenpan-RB sejumlah 213 formasi, dengan penambahan 100 formasi dari kuota sebelumnya sebanyak 113 formasi CPNS.

"Kita senang dengan penambahan kuota CPNS ini, karena memberikan kesempatan bagi lebih banyak pegawai untuk meningkatkan karier," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Eko Agusrianto.

Kategori :