Di era digital seperti sekarang, pekerjaan kadang ikut menyusup ke dalam waktu pribadi kita.
Notifikasi email, rapat di luar jam kerja, ataupun tugas yang menumpuk dapat menjadikan kita merasa terbebani.
Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.
Kamu dapat mulai mencoba untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah, atau membatasi waktu kerja di luar jam kantor.
Saat kamu berada ditengah keluarga atau menikmati waktu pribadi, kamu benar-benar hadir secara fisik dan mental.
BACA JUGA:5 Jenis Tanaman yang Tidak Disarankan Ditanam Saat Musim Hujan
BACA JUGA:6 Cara Bijak Berselancar di Media Sosial, Membuat Hidup Lebih Bahagia
5. Tetapkan Tujuan yang Realistis dan Fleksibel
Menetapkan tujuan menjadi cara yang baik dalam mencapai keseimbangan, baik dalam karier, keluarga, maupun pengembangan diri.
Namun, pastikan juga jika tujuan tersebut realistis dan dapat dicapai dalam rentang waktu yang wajar.
Jangan memaksakan diri agar dapat mencapai banyak hal dalam waktu yang singkat.
6. Berikan Waktu untuk Pengembangan Diri
Dalam upaya menyeimbangkan antara karier dan keluarga, sering kali kita jadi melupakan diri sendiri.
BACA JUGA:Pengakuan 5 Komunitas Adat di Kabupaten Seluma, Contoh Baik untuk Perlindungan Masyarakat Adat
BACA JUGA:9 Manfaat Menakjubkan Buah Melon untuk Kesehatan, Dari Hidrasi hingga Jantung Sehat
Namun, agar dapat mencapai kebahagiaan sejati, kamu perlu memberikan ruang bagi pengembangan diri.